Drama PRT: Maling

Saya kayaknya nggak pernah ceritain soal PRT alias pembantu rumah tangga ya di blog ini. Bukan karena bebas drama dan tenang-tenang aja, tapi karena saking banyaknya drama saya jadi terlalu malas ceritainnya. Tapi yang kali ini harus saya ceritain karena kasusnya mencuri.

*tarik napas dalam-dalam*

Btw, saya pake PRT, bukan baby sitter untuk menjaga Kaleb karena saya juga butuh untuk bersihin rumah, nyuci ngepel, dll, yang mana rumah saya nggak besar dan nggak bertingkat. Saya aja ngerjain semuanya 2-3 jam udah beres. Habis itu paling nemenin Kaleb main aja, itu pun main biasanya sama para Opungnya. Iya, saya nggak pernah ninggalin Kaleb berdua PRT. Selalu ada Opung yang jagain dan nemenin main, bahkan kasih makan juga.

Kondisinya adalah, karena dijagain Opungnya, maka 3 hari di rumah saya dengan mertua datang ke rumah, dan 2 hari ke rumah mama saya, pergi pagi dan pulang malam saya jemput. Di rumah Mama udah ada pembantu jadi PRT nggak perlu beres-beres, pun karena udah pulang malam ke rumah, dia nggak perlu beres-beres rumah saya. Jadi cuma jagain Kaleb aja, itu pun cuma untuk mandiin, nidurin, dan masak makanannya. Yang ajak main, nyuapin, ya Opungnya. Ringan ya harusnya.

Pembantu pertama saya, cuma bertahan 3 minggu. Orangnya agak tua, dekil, dan sering banget gendong Kaleb. Padahal waktu itu saya bilang jangan sering gendong karena Kaleb baru belajar jalan. Biarin dia latihan jalan. Tapi dia gendong terus karena males ngejar Kaleb merangkak. Karena rumah saya nggak besar, jam 7 pun dia udah nonton TV sambil tiduran di ruang TV, plus membajak tontonan dengan lagu-lagu dangdut. PFFT! Tapi ya udahlah ya, sabar-sabar aja. Toh sebenarnya saya jarang nonton TV, lebih banyak streaming.

Ealah, 3 minggu doang minta pulang karena males bolak-balik rumah saya dan mama, yang jaraknya naik mobil cuma 10 menit! Murka banget lah saya. Alasannya ganti-ganti, dari kangen anak (yang mana anaknya udah pada dasar. Cih!), sakit kakinya (borokan), dan terakhir bilang, capek ngejar-ngejar anak. Padahal sebelum ambil dia saya memastikan dulu job descnya apa dan situasinya gimana dengan detil. Karena saya marah, dia pura-pura kesurupan coba! BHAY!

Pembantu setelahnya, udah tua banget. Sebenarnya di bawah Mama saya umurnya, tapi tampangnya tua banget dan kurus, kelihatan polos. Karena mama nggak kuat jaga Kaleb sendirian, dia asal terima aja. Saya nggak sreg sih karena udah tua banget, nanti nggak bisa jaga Kaleb. Tapi Mama udah terima duluan, sampai akhirnya kita berantem kan.

Ini cuma bertahan 3 hari. Awalnya kita pikir dia nggak bisa bahasa Indonesia dengan benar karena komunikasi dengan dia agak susah. Lalu kita pikir dia pendengarannya terganggu karena suka nggak dengar. Kemudian, kita mikir apa dia lemot ya karena apa yang kita perintahkan kok dia suka nggak paham. Mama saya akhirnya suka ngeluh karena capek banget ngomong sama dia. Plus harus teriak karena dia suka nggak dengar.

Waktu itu hari Sabtu, saya libur. Seharian jaga Kaleb. Saya mulai curiga ada yang aneh sama dia. Saya lagi main sama Kaleb, kok tiba-tiba dia angkat Kaleb dari depan saya gitu aja. Ya saya suruh balikin lagi, dong. Mama saya minta disapu rumahnya, dia nggak kerjakan, malah langsung naik ke atas entah mengerjakan apa. Saya panggil dia ke bawah, minta disapu, dia mengangguk, dan naik ke atas lagi. Lah, ini saya yang nggak jelas pertintahnya atau apa sih? Sampai 5 kali saya ulang minta disapu dan dikerasin suaranya, baru dia sapu. Itu pun cepat banget 5 menit selesai, dan tiba-tiba dia angkat semua taplak meja. Lah apa ini?

Siangnya sodara saya datang, nanya saya di mana, dibilang lagi tidur. Yang mana jelas-jelas saya di depannya dia. Trus pas hujan, tiba-tiba dia buka semua lemari. Pas ditanya kenapa, dia bilang karena hujan. HAH?

Di situ saya mulai curiga jangan-jangan dia skizofrenia. Kebetulan kami sekeluarga akan pergi malamnya jadi mama minta dia di kamar aja jangan keluar, tidur. Supaya nggak aneh-aneh lagi.

Besoknya saya bangun subuh karena mau ke bandara. Dia udah bangun, mondar-mandir di atas, pake handuk papa saya! Kelakuannya makin aneh, tak terarah, nggak jelas. Tiba-tiba dari balkon atas, dia lihat ke bawah dan mengeluarkan apel bekas dari mulutnya, melempar kita yang di bawah. WAH PARAH! Dia langsung lari ke balkon luar. Suami dan sodara ngejar dia karena takut tiba-tiba lompat, kan. Waktu itu langsung Papa bawa dia ke dinas sosial dan minta penyalurnya bawa dia pulang.

Pembantu selanjutnya masih berumur 22 tahun, pake jilbab. Pernah kerja di Singapore sebagai tukang angkat telepon online shop *menurutnya*, pernah kursus komputer di Singapore. HP-nya aja iphone 4, bok! Rumahnya dekat rumah saya, bapaknya pun nganterin ketika mau kerja sama saya. So far, kayaknya oke, nih.

Hari pertama aja, dia langsung akrab sama Kaleb, trus mau ngajarin Kaleb belajar jalan, mau ajak ngomong, nyanyi-nyanyi, nggak masalah harus bolak balik rumah saya dan orang tua. Selain itu dia bisa pake iPad, pasangin lagu anak-anak, inisiatif cari masakan sehat untuk Kaleb. Kerjaannya sempurna, gesit, bersih buanget (ngepel bisa 3x sehari, dia nggak suka lihat yang kotor), nggak pernah ngeluh, selalu happy. Superb!

Gimana saya dan keluarga nggak baper dibuatnya. Saking bapernya, saya selalu berdoa tiap malam supaya dia betah kerja lamaaa banget.

Tapi kemudian, saya baru sadar, banyak kejanggalan setelah ada dia. Misal, baju-baju saya kok banyak yang nggak ada. Baju-baju yang jarang saya pake, tapi pas tiba-tiba mau pake kok nggak ada. Tapi saya pikir, ah paling nyelip lah, atau saya lupa naro. FYI, lemari dan kamar nggak pernah saya kunci karena saya pikir toh nggak ada barang berharga. Semakin ke sini, Mama saya mengeluh banyak banget baju, sepatu, dan taplak meja yang hilang. Di situ saya mulai curiga dan inget-inget lagi barang-barang saya juga hilang, nih.

Di rumah Mama ada pembantu pulang pergi juga, tapi masuk dan keluar rumah dengan tangan kosong, nggak pernah bawa tas. Jadi nggak mencurigai dia. Sementara mbak saya, selalu bawa 2 tas besar untuk barang-barang Kaleb (tau sendiri kan kalau bawa anak kecil barangnya segudang).

Pernah juga mertua saya pas lagi jagain Kaleb HPnya hilang, di rumah. Di rumah itu cuma ada mertua, Kaleb, mbak. Itu HP baru dibeli beberapa hari. Karena mertua saya suka lupaan kita mikirnya dia teledor kali, jangan-jangan nggak bawa. Tapi di rumahnya dicari bolak-balik, rumah saya pun dibongkar, hasilnya nihil.

Akhir-akhir ini bapak mamanya suka datang kalau siang, entah ke rumah saya atau ke rumah Mama saya kalau Kaleb lagi di sana. Trus tiap weekend dia minta ijin nginep di rumahnya, padahal biasanya paling beberapa minggu sekali aja. Tapi bulan ini kok tiap minggu sampai saya sendiri kesal. Kan ortu udah sering datang, dia juga pulang. HUFT!

Sampai akhirnya Mama saya makin sering ngeluh mengenai barang-barangnya, dan pas saya mandi, lho kok sampo dan facial wash saya habis padahal saya baru beli. Biasanya bertahan sebulan. Di situ saya udah marah banget. Kebetulan suami lagi nganterin Mbak dan Kaleb ke rumah Mama saya. Saya masuk ke kamarnya dan buka lemarinya.

 

VOILAAAA… ada beberapa baju, catokan, celana, dress, foundation, skin care, kotak make up punya saya dan adik saya. Fix, dia pencurinya. Barang-barang lainnya kemungkinan besar udah dia cicil bawa ke rumah pas weekend atau pas orang tuanya datang. Masalahnya, dia udah 7 bulan di rumah, barang yang dia curi semua barang bermerk, sepatu mahal, bahan-bahan makanan, dsb yang kalau ditotal hampir 10 juta! PARAH!

Awalnya saya dan Mama saya diam aja. Karena mikir, duh kita butuh banget dia untuk jagain Kaleb, nanti kalau nggak ada dia gimana. Tapi 3 hari itu saya nggak tenang banget. Saya bolak-balik nanya suami perlu nggak sih bilang. Bolak-balik nanya ke banyak teman gimana ini solusinya. Semua pada bilang, lo nggak bisa nyimpan maling di rumah. Walau konsekuensinya akan nggak ada mbak sementara dan cari mbak sekarang kan susahnya minta ampun (plus, trauma juga kan jadinya).

Akhirnya pagi-pagi saya konfrontasi ke dia sembari nunjukin baju yang dia ambil. Pertama, dia jawabnya mungkin kebawa aja kali. Kedua, dia jawabnya itu cuma minjem. HELOOOW, minjem kok nggak bilang, dan nggak dibalikin? Itu mah namanya nyuri!

Tadinya saya ngarep, dia mau berubah. Tapi pas dia bilang, dia capek dong ngerjain 2 rumah sekaligus, bolak-balik. Di situ saya naik darah. Rumah saya dan rumah Mama 10 menit aja, di rumah Mama ada pembantu yang mana bikin dia nggak harus bersih-bersih sama sekali di rumah Mama, plus di rumah saya karena saya pikir udah malam. Tapi dasarnya dia nggak tahan kotor jadi dia inisiatif bersihin rumah dan selalu nanya mau masak apa nih, karena dia suka masak. Jadi, kerjaannya malah lebih enteng karena dia lebih sedikit tanggung jawabnya, plus weekend pulang ke rumahnya pula. Lalu dia bangunnya tiap hari jam 6, malah lebih dan suka saya bangunin karena tiap malam teleponan sampe jam 3 pagi sama pacarnya, bikin saya juga suka telat. Udah pernah saya tegur, tapi diulang lagi. Mana kalau tidurin Kaleb, ya dia ikutan tidur juga. Saya aja kerja di kantor nggak bisa tidur. Akhirnya saya bilang, udahlah kamu berhenti aja, balikin semua barang yang kamu curi, dan suruh bapakmu ke sini. Saya ancam akan dilaporkan ke polisi. Eh, dia nggak ada rasa takut dan menyesal, lho!

Saya telponin bapaknya nggak nyambung, telp ibunya nggak diangkat. Siangnya, suami saya tanya lagi mana bapaknya. Dia bilang sore akan datang. Baru 5 menit suami masuk kamar, trus pas keluar dia udah kabur. Dia bawa HP yang dia cicil, dan sudah minta saya balikin, make up adik saya dibawa, dan sempat-sempatnya bahan makanan Kaleb dan telor diambil kabur juga. Gila! Suami kejar ke rumahnya, kosong.

Malamnya suami saya ke sana lagi, ke rumah saudaranya yang kebetulan tinggal dekat situ. Saudaranya kaget dan bantuin telepon ibunya, diangkat loh teleponnya. Dan ibunya bilang, anaknya cuma minjem aja. Gila, ini dibelain loh anaknya. Jangan-jangan udah kerjasama, kan. Pas suami ke rumahnya, udah ada dia dan Bapaknya. Lagi santai nonton. Mbak nggak pake jilbab. Rumahnya benar-benar kecil, sumpek, kotor, cuma ada satu tempat tidur untuk bapak, ibu, 2 anak. Sebenarnya kasihan sih, ya. Tapi dia keukeuh dia minjem dan walau suami bongkar beberapa bagian rumahnya yang sumpek dan penuh tumpukan barang, dia nggak mau ngaku. Curiganya barangnya udah dibawa ke kampung, kebetulan ibunya pulang kampung. Kata saudaranya, keluarganya emang bermasalah, banyak hutang di mana-mana. Bapaknya pindah-pindah kerja mulu karena selalu keluar bermasalah, kakak cowoknya cacat sehingga kurang bisa diandalkan secara finansial, ibunya tadinya kerja jadi PRT akhirnya nggak kerja lagi karena sakit diabetes, adiknya masih kelas 4 SD. Jadi, penghasilan cuma dari Bapaknya yang nggak tetap dan dari si Mbak. Yang anehnya, mereka malah punya 2 motor. Orang tuanya merongrong si Mbak untuk kasih semua gajinya tiap bulan, mbak cuma disisain 200 ribu aja. No wonder kan, mbak yang gengsi tinggi, dulu gajinya lumayan di Singapore (pulang karena ibunya sakit), dulu bisa gaya, sekarang nggak punya apa-apa, akhirnya nyuri.

Btw, HP yang nyicil dari saya itu karena HP iphone di rusak. Saya pikir kalau dia nggak punya HP nanti saya nggak bisa kontrol Kaleb. Karena dia orangnya suka gaya, manalah mau HP sederhana tanpa sosmed, jadi pengennya yang bagusan. Yo weis, saya cicilkan, potong dari gaji.

Saya masih nuntut dia balikin semuanya, sih. Dia keukeuh nggak mau ngaku. Sepertinya saya akan bawa dia ke polisi karena barang curiannya banyak sekali, terutama barang Mama.

Oh ya, ini foto orangnya. Namanya Mbak Asih, asal Wonosobo. Ayahnya namanya Pak Wandi, ibunya namanya Karminah. Semoga bisa berhati-hati kalau lihat, kenal, atau mau kerja di rumah kalian, ya.

screenshot_2016-11-21-15-21-08screenshot_2016-11-23-08-47-27

Anyway, itu IG dia namanya @itsmymumu. Followers dia lebih banyak daripada saya. LOL!

Dari sini saya dapat kesimpulan, nggak ada PRT yang sempurna. Kalau sempurna banget malah harus dicurigai karena nutupin kekurangannya dia. Dan saya bodoh banget baru sadar setelah dia kerja 7 bulan. Hiks! Hati-hati banget ya, guys!

Jadi saya balik lagi deh cari PRT. Ada yang punya kenalan atau tempat cari PRT yang terpercaya kah? Kalau ada saya mau dong nomor kontaknya. 🙂

 

 

 

Advertisements

Goodbye, Bebe!

It was the day when I thought it would be a good day because I was gonna buy my dream stroller. It was a day-off for me. Waking up with good feeling, smiling. I remember it was still in the morning, raining, and I was looking at my Path. My eyes stuck on my sister’s status where she put Bebe’s picture — our first family dog. But what shocking me most was….she wrote “RIP Bebe”. What?! I re-read it many times and it was exactly the same: RIP Bebe. I asked my sister what happened and she told me that Bebe was poisoned by a stranger. 😥

I was shocked, sad, and angry at the same. I just met Bebe couple of days ago when I brought Mika to play with him. Bebe was healthy and happy. He played with me, kissing my feet, and jumped on to me. He was all well. And now he’s gone in a terrible way.

I cursed whoever killed him. Bebe was a family for 3 years. He was with us through thick and thin. He was loving, kind, and loyal. He was just a baby when he was brought into our home. I still remember how I took him to jog or put him on my bicycle’s basket because he was too small to run with me. I remember he always sat beside me whenever I felt sad. And now he’s gone.

I thought I wouldn’t cry, but I cried hurtfully that day. I cried, cried, cried until my eyes were swollen and my nose was red. I cried while telling Mika that her bestfriend was gone. I cried hugging Mika, telling her not to leave us so soon. I cried at home, I cried in the car. My heart was aching.

I was so sad that I didn’t want to go to my parents’ home because I was afraid to face that this time there was no longer Bebe who greeted me. I wasn’t ready to not seeing him. My little Bebe. 😦

I once dreamed that when my baby was born and I stayed in my parents’ home, I would let my baby played with Bebe. Bebe would be happy to see my baby and he would take care of him. But now he’s gone, my baby wouldn’t see Bebe anymore. My baby wouldn’t know my first dog whom I loved so much. So, I promise myself, my baby would know about Bebe. I would tell him every story and picture of Bebe. He would know him eventually.

As I’m writing this, I’m still crying whenever I remember Bebe. I miss him terribly. He’s gonna live forever in my heart. I know he’s now in heaven because all dogs go to heaven. So Bebe, now you live happily without any people who will hurt you or kidnap you, or try to kill you to sell you to some Lapo, or hate you anymore. You’re now happy. I know you are.

Until we meet, Bebe. 🙂

My little Bebe

My little Bebe

Ketika Rantai Pagar Hilang

This is saturday and I am officially a zombie at office.

Jadi semalam nggak bisa tidur dengan nyenyak karena ketakutan dan was-was. Kemarin pagi suami bangun mendapati rantai untuk menggembok pagar rumah udah hilang entah ke mana. Pagar juga udah nggak kekunci lagi. Padahal tadi malam suami udah kunci pagar dengan benar. Rantainya pun sampe sekarang nggak ketemu. Kemungkinan ada yang berusaha masuk ke rumah semalam.

SHOCK!

Puji Tuhan nggak ada yang hilang sama sekali. Ajaib banget, deh. Padahal di depan ada motor, helm, dan mobil yang nggak ada pengamannya, tapi nggak hilang atau rusak sama sekali. Pintu rumah pun masih dalam keadaan terkunci. Kemungkinan pencurinya nggak jadi masuk karena dengar gonggongan Mika. Saya emang sempat kebangun sama gonggongan Mika tapi nggak periksa ke depan karena saya pikir paling ada kucing lewat jadi Mika gonggong. Ternyata itu pencuri. Hiks!

Udah mana dulu rumah orang tua pernah kerampokan dan semua hilang, jadi kemarin itu kayak membuka trauma lagi, deh. Saya dan suami yang nggak tenang karena pagar rumah nggak ada gemboknya lagi akhirnya nggak masuk kantor. Secara kita tinggal berdua aja jadi kalau mau ngurusin apa-apa ya sendiri, deh.

Kejadian kayak gitu langsung lapor ke Bu RT, yang dijawab dengan, “Ya udah ganti aja gemboknya.” HAH? HELLOOOOO, itu juga mah kita juga tau. Suami nanya dong petugas keamanan emang nggak ada yang patroli, eh dia bilang nggak ada karena susah cari orang. LAH, itu tiap bulan bayar uang keamanan buat apa kalau nggak ada yang menjaga keamanan? Emosi jiwa kan, ya? Emang deh di Jakarta ini nggak bisa ngarepin orang lain jagain kita.

Akhirnya kita pun langsung meluncur ke Ace Hardware untuk beli gembok dan rantai. Bulan menjelang puasa dan Lebaran gini biasanya banyak maling (dulu kejadian dirampok juga pas bulan puasa) jadi mau beli gembok yang bagus sekalian. Untungnya banyak gembok yang lagi diskon karena ternyata gembok yang bagus itu mahal banget. Hiks!

Saya beli 3 gembok (ini antara parno atau jaga keselamatan, ya?): satu gembok beralarm — jadi kalau gemboknya goyang, langsung alarmnya bunyi–, satu gembok yang nggak bisa digergaji — ini mahal banget, tapi apalah daya kalau demi keamanan, untung diskon, satu gembok waterproof biar nggak cepat rusak kalau kena hujan. Kemudian beli 2 rantai super berat biar kuat untuk dipasang di masing-masing ujung pagar. Untuk gembok ini aja udah berasa bangkrut, deh. Hahaha! Tapi daripada ngerasa ketakutan dan nggak aman ya mendingan mahal, deh.

Selain gembok berlapis-lapis, Mika yang biasanya kalau malam tidur di dalam rumah, sekarang tidur di teras. Masalahnya Mika terlalu aware sama keadaan sekitar. Bayangin, masa anjing, kucing, orang ngobrol, mobil semua digonggongin dan gonggongannya keras banget sampe kedengaran ke ujung jalanan. Yang ada semalaman kita nggak bisa tidur karena gonggongan Mika. Zzzz! Akhirnya Mika dimasukin ke dalam dan suami tidur di sofa kalau ada apa-apa. Baru deh diam si Mika dan cuma gonggong kalau ada hal yang mencurigakan aja.

Saya yang pernah ngalamin kerampokan sebelumnya masih lebih bisa menanggapi dengan tenang. Soalnya dulu rumah sampe dibobol dan diacak-acak, sekarang cuma gerbang aja tanpa kehilangan barang, jadi masih ada rasa lega dan tenang. Sementara suami yang dulu komplek perumahannya aman banget karena bisa ninggalin rumah tanpa kunci pintu (satpam komplek perumahannya banyak dan beneran kerja, bok) langsung shock mendapati rumah mau dimasuki pencuri. Dia yang memutuskan untuk tidur di ruang tv supaya kalau ada apa-apa dia bisa dengar. Lebih parah dari saya ketakutannya dia. Hihihi.

Jadi waspadalah selama menjelang bulan puasa dan lebaran, ya. Komplek perumahan sebelah komplek saya aja kemarin ada 4 rumah yang kecurian. Jahat, ya pencuri ini! 😥

Stay safe, people!

Exhausted

I think it would be great spending a whole day at home, not talking or thinking. I am exhausted.

As an introvert person, I like to have my own world. There are times when I need to be alone and recharge myself. I talk to many people during work, I think about their problems, too. I have to look cheerful as it may help them. It drains my energy. Not that I don’t like my job. I love it. But in the end of the week, I usually need a day of not talking and doing nothing.

Unfortunately, sometimes it’s hard. Living in Batak culture where weekend usually is the time to have parties, weddings, and arisan. I have to gather with many people who love to spend their time together. Not that I don’t like them, but it makes me tired. My introvert side needs to be recharged and I don’t get it. I usually start monday with less or no energy.

I wish to ignore them. I wish I don’t have to attend all the parties and talk to whoever I don’t recognize (but they tell me that they’re family). I wish they don’t judge me negatively just because I choose to have my own time. People, why you need to gather every weekend (while I and hubby only have Sunday as our day-off)?

Sometimes people don’t get it why I need to sleep early. And it’s cupu they say. Who are you to tell me when to sleep? My own parents never complain about that. Sleeping is my best medicine in the end of the day. I don’t just like it. I need it. Lack of sleep usually makes me cranky all the day. That ruins my performance at work.

So, can you just leave me alone because I need to recharge  my energy here. Thank you.

 

Belum Waktunya

Di sini saya pernah cerita tentang saya yang lagi ngecek kondisi rahim ke dokter. Bukan karena hamil, ya. Tapi karena belum hamil juga. Di bulan April itu, nggak dilakukan tindakan apa-apa, cuma dikasih vitamin aja biar alami. Hasilnya, bulan itu saya nggak hamil.

Bulan depannya, saya melanjutkan pemeriksaan. Kali ini diprogram. Jadi H+3, +7, +18 setelah mens saya harus periksa ke dokter untuk lihat perkembangan sel telurnya. Waktu itu, saya bela-belain datang pagi-pagi ke dokter ditemani Mama, habis itu langsung balik ke kantor lagi.

Setiap datang ke dokter dan di-USG hasilnya selalu baik. Sel telur berkembang dengan semestinya. Bahkan pas masa subur, telurnya ada beberapa yang ukurannya sesuai untuk ovulasi. Supaya pas ovulasinya, saya pun suntik pecah telur (yang mana mahal amit, yee). Selain disuntik, saya pun harus minum obat hormon yang harus sama jamnya. Itu perjuangan banget, deh. Kadang-kadang di tengah meeting keluar cuma buat minum obat, atau kalau lagi di pesta teteep bawa obat buat diminum tepat waktu. Biar nggak telat, saya pasang alarm pas siang dan malam hari. Saya jadi bawel harus makan sebelum minum obat, yang mana kadang-kadang situasinya nggak mungkin. Kalau situasinya lagi nggak mungkin buat makan, ya udah saya minum obat tanpa makan.

Waktu masa subur, dokter bilang hasilnya bagus dan dikasih jadwal berhubungan. Ish, saya langsung gembira berbunga-bunga, dong. Pasti jadi, nih. Semua perintah dokter dilakukan dengan baik.

Lewat masa subur mulai deh berhati-hati biar nanti jadi bayi. Jalan hati-hati, makan hati-hati, nggak mau kecapekan. Pokoknya semua hati-hati. Menjelang H+30, kok ya nggak menunjukkan gejala hamil. Badan tetap fit, nggak pusing-pusing, nggak mual, nggak bolak-balik pengen pipis. Pokoknya biasa banget, deh. Udah deh mulai pesimis kayaknya gagal lagi.

Tepat di H+30, mens datang pas saya lagi di kantor. Itu udah nggak kebendung lagi gimana meweknya saya. Rasanya hati hancur berkebing-keping. Ekspektasi udah setinggi langit, dokter bilang udah bagus, tapi.. tapi… kenapa gagal juga.

Saya langsung bbm suami ngasih tau kalo saya mens. Dia pun ikut sedih. Hari itu saya yang harusnya pulang jam 6 sore, nggak kuat lagi nunggu selama itu akhirnya ijin jam 5 sore pulang. Sampe rumah, langsung masuk tempat tidur dan mewek lagi. Sediih, mak! Ini kok kayaknya susah amat mau hamil, padahal orang-orang kok ya hamil kayak ngeluarin telur. Gampil!

Untungnya punya suami yang lebih nggak gampang down dibanding saya. Dia pun peluk-peluk saya, beliin makanan, dan biarin saya tidur lebih awal.

Berkali-kali saya bilang dalam hati, belum waktunya dikasih. Waktunya mungkin buat senang-senang pacaran berdua dulu. Semudah-mudahnya untuk berusaha ikhlas dan pasrah, kenyataannya itu susaaah banget. Lebih susah lagi waktu si Mama nanyain gimana hasilnya dan saya harus dengan sok cool-nya bilang lagi mens, tuh. Kenapa nggak curhat aja? Because I would cry like a baby and that was the last thing I wanted to do. Menceritakan betapa sedihnya saya waktu itu sungguh bikin hati tercabik-cabik, sih. Melihat orang menunjukkan empatinya dan kemudian mengasihani saya malah bikin saya makin sedih. Jadi  waktu itu saya memutuskan untuk (pura-pura) cool dan seperti biasanya aja.

Setelah dua bulan mencoba (dan cukup bikin saya stres), akhirnya kami memutuskan untuk berhenti dulu ke dokter. Istirahat dari segala treatment yang bikin capek mental dan fisik. Milih untuk bersenang-senang dulu dan tetap berdoa, serta meyakini mungkin emang belum waktunya. 🙂

So yes, semoga lain kali ada berita bahagia, ya. 🙂

Farewell

14 Desember 2012

It was already 6.30 PM. I was about to finish all my tasks and went home when my phone rang. It was from my mom. She was about to deliver a very heart-breaking news: my cousin’s husband died. 😦

I’ve known Bang Togi for almost 2 years. His relationship with my cousin had been through so much ups and downs. It was not easy but they faced all the problems together. It was them versus the world. When they finally decided to get married, probably I was the happiest person because I knew that they deserved it.

To get married wasn’t easy for them. They needed to walk through so many obstacles. Their wedding was one of the weddings I would remember. I could see how happy they were. Bang Togi was perfect for Kak Nova. It was a beautiful wedding. It was last just last year, October 2011.

On their wedding day

On their wedding day

me and Kak Nova in their wedding day

me and Kak Nova in their wedding day

561452_352661704777578_1481743885_n

Bang Togi was a nice and helpful person. I considered him as my brother. I could see how he tried hard to make Kak Nova happy. He had this big problem with his mother that stressed him out, but he never wanted to let Kak Nova sad so he kept that for himself. In front of us, he looked happy. Like there was nothing that would make him worried. He was even in charged in my wedding.

As he felt stressed out, it affected his health. In 2012, he got typhus 4 times. He needed to take a rest in hospitals. He lost weight significantly. He said that he was just tired of his workload.

Two weeks ago, he had problem with his lungs. He was hard to breathe. When he went to hospital, the doctor took him to the ICU. He had to wear the oxygen mask to help him to breathe. From then, he never put off that mask again.

We always thought that he would get better. He tried to fight with his disease (that we didn’t know exactly what was that because the doctor couldn’t find it). I went to visit him 2 times and he said he would get better soon, for his wife. Kak Nova spent a week in  hospital just to take care of him.

Three days before his death, a relative told his mom about his condition. They had this debate and fought again. His condition was getting worse since then. The next day, the doctor came to tell him that one of her lungs didn’t work anymore. The lung became white. He was shocked and afraid. He thought there was no hope. He was depressed. He told his father in law to take him home. He wanted to die at home. Of course, we didn’t do that because the best place to cure his health was to be at hospital.

On December 14, 2012, when his wife was in office, he felt that he couldn’t breathe. He asked for more oxygen. But the nurse couldn’t do it because it was over the limit. He coughed very hard, he hardly could breathe. At 5.15 PM, he closed his eyes forever. He ended his 1 year 2 months marriage to go to heaven.

Nobody couldn’t tell Kak Nova that his husband already passed away. So, when she came to hospital to see that she already lost her husband, it was heart-breaking moment. She asked her father, why would God took away his husband, why He let such a kind person to go. She asked her mother who would sleep with her from now on. She cried and cried and cried that everybody around her started to cry.

I probably just knew Bang Togi for a brief period, but he was like my brother. I couldn’t tell you how sad I was to lose him. I even couldn’t imagine how it felt to be Kak Nova. No, don’t ever imagine, because you won’t know how it feels.

Yesterday, after the funeral, we gathered in her house. She tried to smile. She was very strong though we all knew there was that sadness and loss that she tried to hide. I remembered that we didn’t have water in her house. So I said that I would buy it for them, but I didn’t know where was the nearest mini market. She came to me and said the she would go with. She even said that she would pay for it. Of course, I didn’t let her do it. She deserved to take a rest, she deserved to mourn, she deserved to be selfish now. But she didn’t do it and she chose to walk around, met the people, and served us. 😦 I couldn’t help her much but to hug her tight and let her know that whenever she needed me, I would be there for her.

Farewell, Bang Togi. Have fun in heaven. We promise to take care of Kak Nova. Don’t worry. Enjoy your time there. 🙂

 

12.12.12

Bagaimana kabar 12.12.12 kalian?

Kalau buat saya sejauh ini agak-agak gloomy karena:

1. Tidur cuma 5 jam. Cranky banget! Paling nggak bisa deh kurang tidur pasti bangun-bangun mood langsung drop. Ditambah lagi sebelum tidur lagi ngambek sama suami jadi makin menjadi. Bangun tidur langsung nyalain tv gede-gede dengan niat tidur suami terganggu. *jahat*

2. Bangun dengan tumpukan piring yang nggak sempat dicuci tadi malam karena pulang tengah malam. Baiklah, mari mencuci piring pagi-pagi. Mana piringnya banyak amat dan harus dicuci karena di situ ada tempat makan yang mau dibawa. Jadilah cuci piring pun dengan muka cemberut. Sebenarnya suami pas bangun udah bermanis-manis ria ke saya, tapi gimana dong kan lagi ngambek. Jadi cemberutnya tetap jalan.

3. Pagi-pagi udah hujan. Cuaca kayaknya mendukung banget untuk tidur dan mendukung mood yang gloomy.

4. Di mobil pun tetap diemin si suami dan milih untuk tidur aja biar moodnya lebih baik.

5. Kerjaan di kantor banyaknya minta ampun sampe kayaknya napas aja susah. Ini karena besok kantor mau diaudit sama konsultan. Udah sibuk banget tapi waktu kok ya rasanya berjalan lambat amat, ya?

6. Ngerjain kerjaan kantor sambil ngantuk-ngantuk. Untung aja nggak sampe ketiduran di meja (padahal sih tinggal dikit lagi pasti ketiduran).

7. Tetap harus senyum dan ramah tamah ke semua orang karena kan ceritanya saya psikolog. Harus memberi energi positif, dong. Ya ya?

8. One of my bestfriends got pregnant. DUARR! Rasanya antara senang sedih. I am really happy for her. Tapii.. kok ya hati ini nggak bisa bohong. Kok nyelip rasa sedih, kok udah berkaca-kaca aja nih mata. Hih! Harus happy dong, ya. She really deserves it. *toyor diri sendiri*

9. Mencekoki diri sendiri dengan lagu-lagu rohani supaya tiba-tiba ada pencerahan dan merasa kuat. Kuat dong ya. Kan katanya anak Raja. 😀 😀

Ketika ini ditulis lagi nunggu dijemput suami. Suamiiii, peluk aku dong! (lah, katanya tadi lagi ngambek)

Masih ada beberapa jam lagi sebelum 12.12.12 berakhir. Habis ini kabar baik dong ya datangnya. Ya kan? *menatap ke langit*

Patah Hati

Oh, begini ya namanya patah hati.

Udah tahu sih kalo si tamu bulanan bakal muncul bulan ini karena tanda-tanda PMS cukup jelas. Udah tahu sih kalo kayaknya belum hamil.

Begitu beneran haid, langsung deh…. NYES! Berasa patah hati berkeping-keping. Nggak kok, nggak pake drama nangis sesenggukan. Bahkan nggak nangis sama sekali. Cuma langsung sms si suami, “Yah, aku dapet.”

Kemudian flashback ke seminggu terakhir, oh pantes payudaranya sakit dan berasa kencang banget. Pantes nafsu makan menggila (beneran membabi buta kayak nggak ada hari esok buat makan lagi — akibatnya pipi menggendut). Pantes rasanya pengen ngamuk-ngamuk terus. Oh…

Baru deh habis itu sadar, yaah nggak hamil, deh. Mulai deh ngerasa sensitif banget dan mikir ih kok orang baru nikah sebulan trus langsung hamil itu gimana caranya? Baru deh mulai males denger orang kok ya gampang beranak-pinak. Baru deh sedih banget.

*brb ngumpulin kepingan hati yang berceceran*

 

Jangan Tanya

Hari ini terburu-buru pergi ke kantor disertai perasaan lapar dan agak malas karena… ini hari Sabtu. Yes, saya kerja di hari Sabtu. Dari rumah udah pengen banget makan bubur ayam, tapi pas sampai kantor tepat si bubur ayam habis. Karena kelaparan akhirnya saya muterin daerah sekitar kantor untuk cari pengganti bubur ayam. Ternyata nggak ada lagi yang jualan bubur ayam. 😦

Mood udah jatuh ke lantai. Kalau orang bilang sarapan adalah hal penting dilakukan untuk memulai hari, itu bener banget. Saya nggak bisa mulai hari dengan baik kalau belum sarapan.

Setelah muter-muter, akhirnya dapatlah ketoprak. Bukan sarapan favorit juga tapi ya udahlah, ya. Lalu seharian di kantor perasaannya campur aduk antara kesal dan mellow entah kenapa.

Seperti kata pepatah (yang saya buat-buat sendiri) bilang: gara-gara sarapan setitik, rusak mood sebelanga. #hayah #maksa

Tiba-tiba teman sekantor masuk ruangan saya. Dia mau nitip tas sambil numpang mau makan. Oke-lah. Tanpa petir badai dan hujan, dia nanya, “Mbak, kapan nih hamilnya?”

Lalu seketika itu juga mood tambah jatuh sampai ke jurang. Pertanyaan yang rasa-rasanya pengen saya jawab, “Ya nggak tau kapan. Tanya aja Tuhan langsung”. Cieilaaah, sensi amat, ceu! Ya iya sih emang lagi sensi dengar pertanyaan ini dikarenakan…. ya saya juga mau hamil kaliii! Trus makin sensi lagi karena kayaknya mood saya amburadul gini disebabkan akan datangnya haid. Jadi antara kesal, sedih, kecewa, dan marah itu campur aduk jadi satu. Ditambah pertanyaan kayak gitu, untung aja saya nggak punya mata ajaib yang bisa mengeluarkan panah cuma karena tatapan saya.

Oh, tentu saja pertanyaan itu dijawab dengan senyum palsu semanis mungkin, “Iya, doain aja, ya.” Dalam hati sih bilang, doainnya beneran, dong, jangan cuma bisa nanya doang.

Akhir kata, tolong beliin es krim buat bikin hati lebih adem, dong.

Ada doanya, sodara-sodara? *kasih toa*

 

Selamat Jalan, Ade

Masih inget cerita tentang teman saya yang sakit di sini? Teman saya, Ade Anugrah, sudah berpulang pada tanggal 30 Mei 2012.

Waktu itu saya lagi di bioskop, menonton sama suami yang lagi berulang tahun. Handphone saya masukin ke tas dan di-silent. Entah kenapa, tiba-tiba di tengah film, saya pengen lihat HP. Teman-teman sudah ramai memberitahukan bahwa Ade telah meninggal tanggal 30 Mei 2012 jam 19.15.

Rasanya kayak ada petir yang menyambar kepala saya.

Tiga hari sebelumnya, saya masih BBM-an sama Ade. Saya baca di twitter ada yang namanya Ade Anugrah dan membutuhkan darah untuk operasi di RSCM. Saya pun langsung BBM Ade dan menanyakan apakah itu dia. Dia bilang iya. Dia butuh darah untuk operasi besar besoknya. Saya pun langsung menyebarkan info itu ke twitter dan grup BB. Untungnya nggak lama kemudian, Ade BBM saya dan bilang kalau kebutuhan darahnya sudah terpenuhi. Puji Tuhan. Saya pun mendoakan supaya operasinya berjalan lancar.

Dua hari kemudian, saya ketemu Neng Melvi. Kata si Neng, operasi Ade selama 14 jam berjalan lancar. Tapi Ade belum sadarkan diri dan dipasang alat pacu jantung. Kenapa bisa begitu? Pihak keluarga belum ada yang memberitahu. Ya sudahlah ya, saya pun berpikir she was gonna be alright.

Jadi begitu dengar kabar Ade meninggal, sampai detik ini pun saya masih nggak percaya sama sekali.

Saya keluar di tengah-tengah film, mencoba mencerna kabar yang saya baca, dan terdiam hampir 15 menit. Bengong dan nggak tahu harus bereaksi apa. Di satu sisi lagi merayakan ulang tahun si suami dan saya bahagia, sementara di sisi lain lagi sedih banget karena teman saya meninggal.

Selama perjalanan dari mall ke rumah, saya bengong lagi. Seluruh tubuh saya lemas kayak nggak bertulang. Sampai di rumah, badan saya pun hangat padahal tangan dan kaki saya dingin. Sedih dan kaget!

Semalaman saya nggak tidur karena tiba-tiba diare akut. Besokannya saya maksain masuk kerja di saat masih diare dan nggak tidur. Saya harus datang ke pemakaman Ade.

Siang itu Jakarta diguyur hujan. Rasanya semua ikut menangis atas kepergian Ade. Di pemakaman, saya ketemu dengan ibunya yang menangis. Beliau bilang, “Maafin Ade, ya. Ini hujan deras. Maaf hujan,” Siapa yang nggak mau ikutan nangis lihat ibunya sedih seperti itu. 😥

Saya pun menyalami suaminya yang terlihat sedih. Ade baru menikah 1,5 tahun dengan suaminya setelah berpacaran kurang lebih 7 tahunan. Dia baru saja melahirkan seorang putri 4 bulan yang lalu. Saya bahkan nggak bisa membayangkan bagaimana perasaan suaminya saat itu.

Saya tahu Ade dicintai oleh banyak orang karena hari itu banyak sekali yang mengantarkan Ade ke tempat terakhirnya. Ade teman yang selalu semangat, berjuang keras, dan suka membantu teman-temannya. Ade yang selama sakit nggak pernah saya dengar mengeluh sekalipun tapi tetap semangat. Demi anaknya, dia mau hidup lebih lama. Dia bilang begitu.

Tapi Tuhan pasti sayang banget sama Ade. Dia nggak mau lihat Ade menderita lebih lama lagi, jadi Dia panggil Ade lebih cepat. Bahagia di sana ya, De.

Thank you for sharing your kindness to all of us. We’re already miss you here. Goodbye, Ade. :’)

Waktu ngekos bareng. Selalu makan malam ditemani Ade. Walaupun dia udah makan sebenarnya.

Karaokean bareng habis pusing ngerjain tugas

Sama-sama praktek di neurologi RSCM

Waktu sidang teman-teman

Wisuda barengan

Sumpah profesi

When she got married with the man she dated for about 7 years

Wasn’t she lovely?

With her newborn baby and husband