Ninggalin Anak Pas Jadi Ibu

Wow, kira-kira udah sewindu ya, saya nggak update blog lagi. Lebih sering main Instagram karena bisa langsung cepat nulis kalau lagi punya ide. Hehehe. Btw, follow dong Instagram saya di @naomitobing. #eaaa #ujungujungnyamintadipromo

Karena kemarin lagi baca IG story @annisast tentang pergi ninggalin anak, saya juga mau cerita pengalaman saya, deh.

Pertama kali ninggalin anak itu pas Kaleb umur 2 minggu. WOW, muda sekali udah berani ditinggalin. *ibuk-ibuk julid mulai bereaksi XD* Waktu itu saya nggak pede banget sama penampilan, saya. Udahlah masih gemuk, rambut gondrong tak tentu arah. Bener-bener bikin males ngaca banget. Beberapa kali kesebut pengen potong rambut, tapi tentu saja nggak saya lakukan karena hey ada anak bayi mepet terus di ketekku. XD

Mama mungkin kasihan ya lihat anaknya sepet banget. Jadi dia bilang, “Udah sana ke salon. Nanti Kaleb sama Mama. Keluarin aja ASIP 2 botol.” APA KELUARIN ASIP! Sungguh sebagai ibu bekerja yang nasib makanan Kaleb tergantung sama ASIP ku tak rela. Mana sekali dapatin 100 ml tuh butuh 3 kali mompa dalam sehari. Saya pelit banget deh sama ASIP.

Tapi karena udah eneg sama diri sendiri, jadilah setelah mikir beberapa hari, saya merelakan 2 ASIP saya. Lalu, saya pergi ke salon potong rambut, dan langsung balik lagi. Sekejap jadi merasa fresh dan kece. Kepercayaan diri naik dan hati langsung happy. Apakah pas pergi ke salon merasa bersalah dan kangen anak? Nggak. HAHAHA. Because I knew I needed it so much.

Pergi ninggalin anak kedua pas nonton bioskop. Kaleb waktu itu usianya masih sebulan. WOW, tega sekali! LOL! XD Jadi Mama saya nonton satu film bagus. Dia bilang ke saya dan adik untuk nonton film itu saking bagusnya. Tapi kan saya bingung gimana dengan Kaleb. Mamaku baik hati banget. Dia bilang dia akan ikut ke mall dan jagain Kaleb di luar selama kami nonton. Jadi dia akan nongkrong di resto aja. Jadilah saya bisa nonton dengan tenang.

Untuk pergi ninggalin ke luar kota sendiri, lumayan jarang karena saya jarang dinas. Tapi tentu saja pernah. Saya dinas ke luar kota dan ninggalin Kaleb. Yang pertama kali sama orang tua saya, dan yang kedua kali sama suami saya. Setiap kali saya pergi saya nggak pernah mellow dan santuy kayak di pantay. Pokoknya saya nggak pernah merasa bersalah untuk hal-hal yang butuh saya lakukan sendiri. Jadi Kaleb juga nggak terlalu kepikiran.

Sebagai seorang Ibu yang baru 4,5 tahun ini, saya belajar bahwa menjadi diri sendiri juga penting. Nggak semua hal harus dilakukan untuk dan demi anak. Ada hal-hal yang harus dilakukan karena saya perlu jadi Naomi. Bukan jadi ibu. Demi kewarasan saya, demi saya bahagia, dan jadi ibu yang lebih baik untuk Kaleb.

Tapi ada rules yang saya tetapkan buat diri saya sendiri. Saya usahakan weekend itu buat Kaleb. Kalau pun saya harus ketemu teman di weekend, ya saya ajak. Kalau harus kerja di weekend, ya juga saya ajak. Di weekdays pun, saya pastikan nggak tiap hari saya pakai habis pulang kantor buat senang-senang. Paling sekali dalam satu minggu aja. Itu pun saya pastikan suami harus pulang cepat jadi Kaleb tahu ada orang tuanya yang udah pulang main sama dia.

Intinya, sebagai ibu jangan merasa bersalah ketika melakukan hal yang kita senangi. Kita sudah menjadi ibu yang baik, tapi kita butuh menjadi diri yang juga baik. Nggak semua-muanya harus selalu tentang anak. Tetap lakukan hal yang kita sukai dan bikin kita recharge.

Be a happier you to be a happier mother. đŸ™‚

 

One thought on “Ninggalin Anak Pas Jadi Ibu

  1. Aku setuju. Akumah orangnya klo lagi mandi, biar kata cm less than 10 mins juga beres, tp keran kamar mandi selalu kunyalakan kenceng banget jd aku gak perlu denger anak diluar main sampe jerit2 berantem or nyariin aku. Toh mereka jg ada simbak atau neneknya kok yg jagain. Sekedar mandi aja loh, tp itu suatu kemewahan tersendiri yee sebage emak beranak balita, wkwkkw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s