Seseruan di Asian Para Games

Saya baru tau kalau Asian Games itu biasanya diikuti dengan Asian Para Games. Nah, karena saya suka banget nonton pertandingan olahraga (tapi nggak suka ngelakuinnya, sih. Hahahaha), jadi tentu saya excited banget buat nonton Asian Para Games.

Setelah diumumkan bisa beli tiket online melalui loket.com. Pas buka web, hah serius nih tiketnya murah banget. Tiketnya hanya seharga Rp 25.000. Bahkan ada tiket terusan seharga Rp 100.000 untuk nonton semua pertandingan dalam sehari. Wow! Dulu pas Asian Games, tiket termurah kalau nggak salah Rp 75.000. Itu pun kayaknya jarang yang seharga itu. Banyakan dimulai dari Rp 100.000 untuk babak kualifikasi dan harganya akan meningkat kalau semifinal dan final.

Di hari pertama, tanggal 6 Oktober 2018, saya datang pagi untuk menyaksikan wheelchair basketball. Arena GBK masih sepi banget. Shuttle bus juga nggak sebanyak pas Asian Games. Area makanan juga nggak terlalu banyak. Dari gate 5, depan fX, saya jalan sedikit ke halte untuk naik shuttle bus ke area basket hall.

18-10-06-16-40-39-687_decoimg_20181006_100752img_20181006_100812img_20181006_101153

Di area basket hall sendiri belum terlalu ramai. Kursi penonton masih sepi. Tapi makin siang makin rame, walau nggak full. Lumayanlah. Oh ya, botol minum nggak boleh dibawa masuk. Tapi kalau bawa tumblr sendiri boleh. Makanan kecil, seperti roti boleh dibawa masuk.

Pertandingannya sendiri seru banget. Ternyata walau pake kursi roda, mereka gesit banget, terutama pemain China. Skillnya oke banget, tiap dapat bola dan punya kesempatan nge-shoot selalu masuk. Jago banget, sih.

Pengalaman yang kami dapatkan berharga banget, terutama buat kasih tahu ke Kaleb bahwa walau pakai kursi roda dan nggak sempurna, orang bisa berprestasi. Masalahnya adalah…. Kaleb yang masih kecil ini nggak menganggap pakai kursi roda itu aneh, dan nggak memandang hal tersebut berbeda dari orang biasanya. Hahaha. Tapi setelah dipikir-pikir, hey justru pemikiran Kaleb yang benar. He saw no differences among normal and disable people.

Pulangnya pas siang, kami naik shuttle bus lagi untuk kembali ke gate 5. Tapi ternyata shuttlenya nggak sampai gate 5 karena harus istirahat. Akhirnya kami turun dan menunggu shuttle lainnya, tapi yang ada lamaaaa datangnya sementara udah terik banget cuaca. Daripada nunggu lama, kami memilih jalan kaki sampai ke gate 5. YASSSSS, banjir keringat banget.

Besoknya, kami berencana mau nonton lagi. Kali ini olahraga yang berbeda. Cek di loket.com, tiket untuk weekend udah sold out semua. Kayaknya karena efek opening ceremony semalam. Tapi tenang aja, tiket masih bisa dibeli di ticket box langsung. Untuk cabang olahraga yang bukan di GBK, tiketnya gratis.

Kali ini kami berangkatnya sore karena sungguh nggak tahan dengan teriknya cuaca yang hampir 37 derajat. Hari Minggu itu sekitar Senayan lumayan macet karena ada pameran juga di JCC, jadi banyak jalan yang ditutup. Kami parkir di Plaza Senayan dan jalan kaki sedikit ke gate 5. Tadinya kami mau nonton para swimming, tapi tiket udah habis. Jadi kami nonton badminton yang tiketnya masih ada.

Kebetulan banget yang main lagi Indonesia; Suryo Nugroho. Untuk badminton sendiri, walau nggak penuh, tapi yang nonton cukup banyak. Antusiasnya sama kayak Asian Games. Orang-orang teriak dan tepuk tangan menyemangati heboh banget. Mana pas pertandingan Suryo Nugroho lawan Malaysia itu seru banget sampe rubber set. Pokoknya saya menikmati banget, deh. Oh ya, untuk pertandingan badminton ini sampai malam jadi yang datang sore pun masih bisa nonton.

img_20181007_180855img_20181007_183738_077img_20181007_184546_846

Asian Para Games masih berlangsung sampai tanggal 13 Oktober 2018 nanti. Jangan lupa nonton ya, gengs. Tiket bisa dibeli langsung di loket.com atau di ticket box langsung. Jadwal bisa follow akun IG @asianpg2018 atau download app-nya di APG2018.

Support para altet Para Games kita, ya, karena mereka rindu banget dapat dukungan dari kita. Salam olahraga! 😉

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s