Toilet Training Kaleb

Kaleb udah sekitar 3 bulanan ini belajar toilet training. Awalnya karena saya pikir dia udah usia 2 tahun, belum mau lepas nenen, dan belum toilet training sama sekali. Hm, harus ada yang dicapai nih karena kan dia semakin besar, harus semakin mandiri. Untuk berhenti ASI karena buat saya dan Kaleb sifatnya sacred (satu-satunya yang nggak bisa digantiin siapapun ya cuma kegiatan nenen ini. Only me and Kaleb), jadi saya menyerahkan keputusan dan kesiapan Kaleb untuk berhenti. Yah, walau saya selalu mengingatkan dia kalau sudah besar dan waktunya berhenti, lho. Tapi dia belum mau, jadi ya sudah.

Nah, untuk toilet training awalnya juga ragu. Dia cuma mau pup kalau mau mojok di sudut ruangan. Dibawa ke toilet selalu ngamuk. Berkali-kali dicoba dan gagal. Benar-benar pesimis, deh. Tapi toh saya pikir, dia sebenarnya sudah bisa, kok. Dia sudah bisa bicara, bisa membedakan mau pipis dan pup, tahu letak toilet, bisa membuka celana sendiri. Jadi mari kita coba.

Awalnya saya pakai training pants yang bentuknya lumayan tebal sehingga kalau pipis nggak langsung basah ke lantai. Tapi toh itu cuma punya 3 doang. Yang lainnya, saya pakai celana dalam biasa karena tujuan akhirnya kan pake celana dalam, ya.

Ternyata saya suka underestimate Kaleb karena toh dia bisa, lho. Di hari pertama dia lepas diapers, dia cuma gagal sekali pas pipis lagi tidur. Wajarlah, namanya lagi tidur jadi dia pasti nggak bisa nahan pipis. Tapi untuk pup, surprisingly dia nggak pernah gagal. Awalnya ngamuk nggak mau ke toilet, tapi lama-lama dia paham untuk pup di toilet. Dia sekarang kalau mau pup selalu bilang.

Nah, kalau pipis ini yang masih jadi masalah. Tiap hari di rumah udah no diaper. Tiap jam diajak ke WC. Kadang-kadang dia malah iseng bilang mau pipis, padahal pipisnya dikit banget. Ya udah gpp, demi keberhasilan nggak pipis di celana, kan. Tapi kalau dia udah sibuk main dan heboh, dia ya lupa bilang pipis. Kadang-kadang saya merasa dia nggak lupa bilang pipis sih, tapi dia nggak mau waktu mainnya diganggu atau diberhentikan dengan harus ke toilet. Jadi ya dia sibuk aja main.

Yang lucu karena pernah dia kebelet pas jalan-jalan, akhirnya Opungnya suruh pipis di pinggir got. Lah, habis itu dia nggak mau pipis di toilet, maunya di halaman rumah atau got! Pernah ke Ancol, dia bilang mau pipis. Opungnya udah ajak ke toilet mall, eh dia nggak mau pipis. Pas mau masuk mobil dia bilang mau pipis, tapi maunya di jalanan aja. Hadeuh! -_____________-*

Alasan mau pipis ini dijadikan Kaleb untuk main-main air. Jadi kalau lagi di mall atau di mana gitu, dia bilang mau pipis biar dia bisa main flush di toilet. Udah dibawa pipis, trus nanti 5 menit kemudian dia bilang mau pipis. Padahal kalau dibawa masuk ke kamar mandi ya nggak pipis juga, cuma mau main air. Zzz!

Untuk tidur malam, Kaleb masih pake diaper karena mamaknya masih males bangun tiap beberapa jam untuk ajak dia pipis. Lagian anaknya tipe yang kalau dibangunin pas masih ngantuk dia ngamuk, plus drama, trus nanti susah ditidurinnya karena dia udah sadar. Mamak pingsanlah kalau sampai kurang tidur. Tapi sebelum tidur dia diajak pipis dulu sih dan pas bangun diajak pipis lagi.

Jadi selama 3 bulan ini udah lumayanlah, tapi masih belum berhasil 100%. Ada yang toilet trainingnya sudah berhasil? Ceritain, dong. 😀

Advertisements

8 thoughts on “Toilet Training Kaleb

  1. jayden untuk pipis uda berhasil… dia uda bisa bilang kalo mau pipis, dan kalo malem juga uda no diaper, jarang banget ngompol, seringnya kering ampe pagi… mungkin karena uda ga pernah bangun tengah malem lagi kali ya, jadi uda ga pipis2 lagi… kalo pergi2 juga uda no diaper…

    cuma…..pup nih yang dia belom bisa bilang… seringnya uda keluar dulu baru bilang hahahaha… tapi kalo anaknya uda diam mematung sambil ngoceh sendirian, itu tanda2 dia mau pup, buru2 deh gua bawa ke toilet… itu kalo gua liat… kalo gua ga liat ya wasalam deh hahahaha…

    • Lho, malah kebalik sama Jayden ya. Jayden berhasil pipis. Kaleb nih masih PR kalau pipis. Harus terus menerus diingetin kalau mau pipis.

  2. Alpin baru mulai nih kak naomi hahahahhaa dan bener bgt emang anaknya jd suka iseng blg mau pipis ternyata pipisnya dikit doang krn mau main air dan flush aja hahahaha. Cuman pup nih yg belom bisa sama kalau tidur malam aja krn ya sama mamaknya msh belom bs bangun tiap bbrp jam gitu, bisa2 mamaknya cranky nanti krn kurang tidur😂😂

    • Sama banget. Aku belum rela bangun2 tengah malam, trus bangunin anak, nanti anaknya cranky, ribet lagi tidurannya. hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s