Perkara Rengginang Nyangkut

Seminggu lalu saya melakukan hal bodoh. Waktu itu lagi ngemil rengginang, tapi rengginangnya keras banget. Karena saya anaknya gragas, jadi walau keras, tapi tetap saya makan. Padahal rasanya ya begitu aja, bukan yang enak-enak banget. Lapar mata aja, bok! Kemudian datanglah azab untuk orang yang rakus….

Serpihan rengginang nyangkut di gusi dinding mulut bagian atas. Nyes! Masuknya dalam pula, jadi nggak bisa dikorek pake tusuk gigi. Ganjel banget di mulut. Huhuhu! Gusi saya jadi sakit dan bengkak. Gosok gigi aja susah. Makan walau masih bisa, tapi kalau kena ya sakit. Tiap saat kerjaan saya ngorek-ngorek yang nyangkut pake lidah. Tetep loh bandel banget nggak mau keluar atau bergeser. Duh!

Akhirnya ngadu sama suami, tapi dipikir nyangkut makanan di gigi kan soal sepele, jadi nggak digubris. Tidaaaak! Padahal udah nggak nyaman banget dan akhirnya jadi ganggu karena gigi ngilu. Pfft!

Akhirnya memutuskan, sudahlah ke dokter aja. Ini udah lewat 4 hari dan nggak keluar sendiri itu rengginang walau udah diusahakan berbagai cara. Nah, saya nggak punya dokter gigi langganan. Tiap ke dokter gigi selalu ganti-ganti dokter dan ya pengalamannya nggak ada yang spesial sampe bikin saya wow!

Karena saya sering lewatin Puskesmas Kebon Jeruk yang sekarang bagus banget dengan banyak pelayanan, jadi pikir ya udah ke puskesmas aja. Toh, perkara rengginang nyangkut doang. Huhu! Mau sekalian coba BPJS juga, sih. Bisa jalan nggak nih programnya?

Sebenarnya ada puskesmas yang lebih dekat rumah, tapi kok kelihatan dari luar kayak gelap dan nggak terurus, ya. Saya kan jadi nggak yakin sama pelayanannya. Jadilah ke puskesmas Kebon Jeruk yang agak jauhan dikit.

Saya datang pagi hari, langsung ambil nomor antrian di mesin yang terletak di lobi. Untuk setiap poli di puskesmas ini juga bisa daftar online. Canggih, ya. Setelah itu naik ke lantai 2 untuk menukarkan nomor antrian di poli gigi dan dicatat nomor BPJS oleh petugas. Semua petugasnya ramah, murah senyum, dan informatif.

Setelah dapat nomor antrian baru deh nunggu di depan polinya untuk dipanggil. Nggak nunggu lama, sekitar 15 menit, saya pun dipanggil masuk. Jadi di satu ruangan ada 3 kursi untuk pemeriksaan gigi, makanya antriannya jadi nggak lama.

Sebelum diperiksa dokter menanyakan keluhannya apa. Hanya boleh satu tindakan per hari. Jadi kayak saya kemarin, keluhannya gigi bolong dan makanan nyangkut, saya disuruh milih mau ditindak yang mana. Sebenarnya ini yang bikin cepat sih karena dokter cuma boleh menangani satu tindakan, tapi jadi nggak efektif karena harus bolak balik di lain hari untuk tindakan lainnya, dong.

Setelah dokternya periksa gigi dan menjelaskan kondisi gigi, dia nanya ke saya mana yang mau dibenerin dulu. Ya, saya sih tanya aja mana yang paling urgent. Ternyata ya si rengginang nyangkut itu karena gusi saya udah bengkak dan takutnya bernanah. EUH! Pengerjaannya teliti dan sabar sih sampai benar-benar masalahnya selesai dan bersih.

Setelah selesai pemeriksaan, dokter kasih resep. Oh ya, di awal dokter menjelaskan kalau walau saya pake BPJS tapi nggak bisa gratis karena saya ke puskesmas bukan di rayon saya. Jadilah harus bayar. Oh, baiklah nggak papa, deh. Mikirnya udah mahal, dong. Secara biasanya ke dokter gigi mahal banget. Pas dikasih biayanya: biaya kuret gigi Rp 25.000 dan biaya pendaftaran Rp 2000. OMG beneran nih semurah iniiii? Nggak sampe Rp 50.000, bok! Saya sampai melongo banget.

Selesai membayar, saya kasih nomor antrian ke apotik karena ada obat yang harus dimakan. Saya udah siap-siap bayar obat lagi, dong. Di rumah sakit atau klinik kan begitu, ya. Eh, pas dikasih obatnya, nggak ada biaya lagi dong. APAAAA?! Beneran nih, cuma Rp 27.000 aja yang saya bayar dan segala perkara rengginang nyangkut dan gusi bengkak kelar? Saking murahnya sampai nggak percaya. Bahagia banget! :)))

Jadi ya wajar juga sih, udah cuma bayar murah trus besoknya disuruh balik lagi untuk tindakan lain ya nggak papa juga. HAHAHA. Toh bisa cari puskesmas yang ada poli giginya dekat kantor aja biar nggak usah bolos, kan.

Ish, senang banget deh berobat ke puskesmas ini. Pelayanannya bagus dan harganya murah. Jadi jangan takut datang ke puskesmas karena sekarang pelayanan mereka sama bagusnya dengan dokter swasta, kok. 🙂

 

One thought on “Perkara Rengginang Nyangkut

Leave a Reply

