Tentang Pemakaian Gadget

Sebagai ibu idealis masa kini, awalnya saya keukeuh nggak mau Kaleb kenal gadget. Biar lah Kaleb main di luar bersama kupu-kupu, burung, jatuh di tanah *ini rumahnya di pedesaan apa, yak? XD*. Kenyataannya: BUBAR JALAN!

Tiga bulan pertama, Kaleb sering banget nangis kencang banget kayak nggak ada hari esok, kemungkinan karena kolik. Tentunya orang di rumah pusing minta ampun. Udah diapa-apain tetap nangis. Suatu hari saya udah menyerah karena nangisnya nggak berhenti, saya capek, lelah, ngantuk. Dengan segala perasaan bersalah dan putus asa, saya ampil iPad dan cari lagu anak-anak. Surprisingly, anaknya mulai tenang. WOW, keajaiban alam apa ini? Waktu itu Kaleb suka sekali dengar Super Simple Songs.

Saya nggak terlalu sering kasih iPad, kecuali memang nggak ada pilihan. Bukan takut dia ketergantungan gadget sih, lebih ke takut matanya rusak dan harus pake kacamata. Semakin dia besar, terutama ketika dia mulai bisa guling-guling dan merangkak, saya mulai kewalahan banget, terutama kalau saya harus tinggal sebentar untuk mandi atau makan. Waktu itu saya ngurus Kaleb sendirian, ada Mama tapi mostly saya yang pegang. Jadi kalau saya mandi, saya nyalain super simple songs, buka pintu kamar mandi (kebetulan kamar mandi ada di kamar), mandi secepat kilat, sambil ngomong, “Kaleb dengerin lagu, ya. Kaleb jangan ke mana-mana di situ aja tunggu Mami mandi, ya.” Takut anaknya jatuh, gelinding, atau apalah. Huhuhu!

Masalahnya, Kaleb nggak betah diam dan cuma nonton aja. Maksimal banget dia bisa tahan nonton Youtube adalah 10 menit. Nggak lebih dari itu. Kurang sih sering banget. Hahaha. Makanya dalam watu 10 menit, saya harus menyelesaikan segala sesuatunya dengan terburu-buru. Rempong to the max lah.

Ternyata Kaleb bukan anak yang hobi nonton. Dia suka dengerin lagu, makanya kalau nonton lagu anak-anak dia suka, tapi kalau nonton kartun dia nggak terlalu suka. Sesuka-sukanya pun, nggak tahan lama kalau nonton. Dia sukanya ngobrol, nggak mau main sendiri, dan explore benda-benda yang ada di sekitarnya. Benda-benda, bukan mainannya. Hahaha. Selain itu, dia sukanya jalan-jalan ke luar rumah, ke taman, naik sepeda, ketemu orang. Duduk pasif sama sekali nggak suka. Hm, kalau dipikir-pikir sampai sekarang pun Kaleb nggak bisa duduk lebih dari 5 menit, kecuali di baby chair, karena ada penghalangnya. Kalau di kursi biasa nggak bisa, tentu saja dia lebih milih buat lari-larian.

Sekarang Kaleb mulai tertarik sama lagu anak-anak Indonesia karena dia bisa nyanyiin. Lagu yang sudah penuh dia hapal adalah Cicak-Cicak di Dinding. Makanya tiap hari minta dipasang lagu Cicak-Cicak dengan berbagai versi. Untuk kartun, dia mulai suka nonton Upin-Ipin karena odolnya dia merek Upin-Ipin, jadi dia terbiasa lihat si Upin-Ipin. Pernah dia ngambek tengah malam nggak bisa tidur karena pilek, saya pasang lah Upin-Ipin, tenang loh dia. Hahaha.

Karena ananya bosenan, dia nggak pernah nonton habis 1 episode Upin-Ipin pun. Yang ada dia langsung pencet sendiri ganti yang lain, begitu terus. Lagu anak-anak pun dia ganti terus. Jadi kalau dipikir-pikir, dia nonton Youtube tuh bukan karena tertarik acaranya, tapi karena pengen tau kalau diganti berubah jadi apa, sih.

Nonton di iPad ini berguna banget sekarang karena dia suka ngintilin saya ke mana pun, termasuk ke kamar mandi. Susah banget mandi jadinya. Akhirnya saya bawa iPad ke kamar mandi supaya dia nonton sambil liatin saya mandi. Iyeee, mandi saya nggak pernah tenang, deh. Hahaha. Kalau saya mandi kelamaan dan dia mulai bosen liat Youtube, mulai deh dia mendekati saya dan mau ikutan main basah-basahan. OH TIDAAAK, padahal seringnya dia udah mandi atau nanti malah prosesnya jadi lama, misalnya karena saya buru-buru mau ke kantor.

Kebetulan iPad saya ini cuma bisa terkoneksi sama wi-fi. Nggak bisa dipake di jalan deh jadinya. Akhirnya pergi ke mana pun, saya nggak pernah bawa iPad. Jadi kalau makan di luar, ya nggak pegang iPad dan sibuk sendiri. Lumayan sih, jadinya kami ngobrol karena Kaleb anaknya suka ngobrol dan nggak suka dicuekin kalau kami sibuk sama HP.

Akhirnya kembali ke masing-masing keluarga dan anaknya seperti apa. Kalau saya, gadget berguna sekali untuk mendistraksi Kaleb di saat saya harus mengerjakan sesuatu dulu. Saya juga lihat selama ini Kaleb nggak ketergantungan dan cari-cari iPad kalau nggak ada jadinya saya merasa penggunaan dia masih batas wajar. Dengerin lagu di Ipad bikin kosa-katanya cukup banyak dan tiba-tiba bisa nyanyi sendiri. Kalau saya, nggak memperbolehkan Kaleb nonton gadget di luar sampai saat ini. Rempong banget sih harus melayani dia ngobrol terus dan nggak bisa diam pastinya, tapi ya balik lagi, saya nggak mau dia ketergantungan nonton.

Ada Papa Mami yang bisa ditonton, kok. Kurang lucu apa sih kita? Hahaha.

 

 

 

5 thoughts on “Tentang Pemakaian Gadget

  1. hihi sama!
    Awalnya gak mau ngenalin gadget, tapi ternyata dia jadi banyak tau angka, huruf sama bahasa inggris dari aplikasi pink fong pake laguπŸ˜€
    sekarang sih ipadnya rusak tapi anaknya gak sakaw alias nyariin.
    Pegang HP juga kalo emang bapaknya udah sampe rumah doang :p

    selebihnya ya ‘dilepas’ aja di halaman perumahan sama anak anak lain :))

    • Iyaaa. Yah gimana ya, mamanya juga butuh waktu sendiri dulu, terpaksa deh kasih ipad. 10 menit ga digangguin tuh berharga banget. Hahaha.

  2. dulu gua mulai setelin youtube waktu jayden susah makan, keterusan deh ampe sekarang hahahaha… jayden juga sama, ga mau nonton kartun, maunya nonton lagu-lagu kayak super simple song gitu… tapi ya….gua berasa dia jadi tau banyak berkat youtube loh… sekarang dia uda tau semua warna dalam bahasa inggris, padahal gua ga pernah ngajarin… huruf juga uda ada beberapa yang tau… belajar darimana kalo bukan youtube hahahaha….

    • Ini bener bangettt, tiba2 Kaleb tau hewan yang gue ga ajarin, tau warna, dll. Semua dari Youtube. Kayaknya selama tontonannya tepat, ya gpp lah ya. Bonus, anaknya bisa diam sebentar. Hahaha. Bye bye idealisme lah.

Leave a Reply

