Kaleb 15 Bulan

Sebenarnya harusnya rajin update perkembangan per bulan ya, tapi mamak suka lupa. Huhuhu. Jadi ya sudahlah seingatnya aja. Di usia Kaleb yang ke-15 ini (bentar lagi udah mau 16 bulan sih, telaaat mulu mamak update), ada banyak banget perkembangannya:

Jalan semakin lancar
Yah masih agak oleng, tapi udah nggak sering jatuh. Sekarang malah cenderung maunya lari. Anaknya kalau udah jalan nggak mau berhenti. Dari depan ke belakang ke depan ke samping. Nggak berhenti. Hanya berhenti kalau tidur. Bayangin yang jagain gempornya kayak apa. Hahaha.

Perkembangan bahasa semakin luas
Kaleb mulai banyak banget ngomong. Tapi yang paling menyenangkan adalah dia makin sering nyebut mami dan papa. Sekarang dia udah tau manggil. Kalau dulu cuma nyebut mama papa, tapi nggak bisa manggil kalau dia butuh, sekarang dia bisa manggil. Misalnya, pas malam dia dengar gerbang dibuka, dia akan langsung bilang “Mami!”. Atau pas di rumah saat orang tuanya kerja, dia suka nanya, “Mami mami mami?”. Kangen kayaknya. Kalau kita ada di depan dia, dia akan suka mendekat dan manggil, “Mami mami!” berkali-kali. Begitu juga dengan Papa. Bahkan saking sukanya manggil Mami dan Papa, dia pernah lho ngigau manggil mami. Hahaha.

Selain bisa nyebut panggilan orang tuanya, Kaleb juga udah nambah vocabularinya, misalnya: mami, papa, apung, mamam, am (kalau minta sesuatu), amin (kalau habis berdoa), air, habis, nggak ada, bobo, dadah, gajah, mana, cicak, guguk, anggg (kucing), groar (singa), pupup, jatuh, jeje (nama anjing opung), mbak, aunty, susu, mimi. Trus apa lagi, ya? Kayaknya ada lagi, tapi mamak lupa. Hihihi. Jadi dia udah bisa mempergunakan kata-kata ini dengan cukup tepat. Misal:
“Kaleb, di situ ada kucing!”
Kaleb mendekat, “Mana? Mana?” Kalau dia nggak menemukan kucing, dia bilang, “Nggak ada” trus pergi lagi.

Selain itu, dia sekarang udah bisa menggunakan 2 kata untuk menyampaikan maksudnya, misal, “Mami mimi!”

Sekarang udah bisa nyanyi. Lagu yang dia bisa adalah lagu cicak di dinding, walaupun cuma 1 baris aja, sih. Dia suka nyanyi, “Cicak-cicak ding ding ding”. Hahaha. Dia belum bisa bilang di dinding.

Kaleb kalau pup, sekarang udah bilang, “Pupup”. Nggak ada yang ngajarin dia bilang itu sih, cuma mungkin dia dengar kalau kita gantiin diaper dia. Tapi dia bilang pupup kalau udah pup, bukan sebelumnya. Hm, bisa mulai diajarin toilet training tampaknya.

Bisa menunjukkan bagian tubuhnya
Kaleb sudah bisa menunjukkan bagian besar tubuhnya, misal: mata, rambut, kepala, tangan, kaki, perut, mulut, gigi.

Menirukan mimik
Kalau misal kita nanya ke Kaleb, “Kaleb kalau nangis gimana, sih?”. Dia langsung merengutkan wajahnya dan pura-pura nangis huhuhuhu.
Kemudian kalau kita bilang, “Kaleb kalau ketawa gimana?”. Dia akan pura-pura ketawa hahaha.

Tahu kepemilikan
Dia sekarang tau benda tertentu milik siapa. Misal, kalau dia mau minta jalan-jalan dan yang ada Opungnya, dia akan jalan ke depan dan ambil sendal Opungnya, lalu dikasih ke Opung. Tapi kalau ada Papa, dia akan ambil sendal Papanya. Kalau misal, dia lihat HP saya, dia akan ambil dan kasih ke saya. Atau dia lihat tas Papa, dia akan seret tas Papa dan bilang, “Papa papa”.

Bisa disuruh
Karena sudah mengerti perintah, dia sudah bisa disuruh. Misal, tiap dia ganti baju, bajunya taro di keranjang kotor. Atau kalau berantakin mainan, habis itu mainannya suruh beresin. Iya habis diberesin, habis itu ya diberantakin lagi. *lelah*

Lagi doyan makan
Setelah sakit di RS kemarin, nafsu makan Kaleb meningkat pesat banget. Mulutnya nggak pernah berhenti ngunyah. Bangun pagi, harus udah makan biskuit, trus habis itu langsung minta mamam. Mintanya nggak sabaran banget, sampe dia ambil sendiri piringnya dan kasih ke kita minta diisiin. Habis itu langsung minta buah, biskuit, susu, dan begitu seterusnya sampe malam. Puji Tuhan, ya. Boleh nggak, nggak bakal ada episode malas makan lagi?

Mainin nenen mamanya
Jadi kebiasaan Kaleb adalah kalau mau makan berdoa. Nah, karena menurutnya nenen itu makan, jadi tiap mau nenen, dia langsung berdoa. Wakakak, terlalu alim kamu, nak! Nah, akhir-akhir ini sambil nenen, dia suka banget mainan puting mamanya. Kalau distop nggak mau. Pokoknya nenen sambil mainin puting. Mamak kan ya geli-geli gitu jadinya.

Tau rutinitasnya
Jadi Kaleb itu suka banget jalan-jalan. Pagi begitu mata melek, harus wajib jalan-jalan, kalau nggak ngamuk. Dia juga nggak mau jalan-jalannya cuma bentar, tapi harus lama. Lalu sore juga harus jalan-jalan. Kalau sama Opung bisa 3-4 kali sehari malah jalan-jalan ke luar rumah.

Tau rasa sakit
Kalau dia kepentok atau jatuh, dia akan ngerasa sakit. Nah, kalau sakit, biar dia nggak drama lebay sama rasa sakitnya, kita suka tiup di tempat yang sakit lalu kita bilang sembuh. Jadi sekarang tiap dia sakit, dia akan datangin kita minta ditiup. Hihihi.

Bersih
Ternyata anak saya bersihan. Kalau dia habis megang yang kotor, dia akan datang ke kita minta dibersihin tangannya. Kalau habis makan bajunya basah, dia langsung narik-narik bajunya, minta diganti. Nurun Opungnya banget.

Masih hobi musik
Dari semua mainan yang dibeliin, yang bertahan dimainin adalah drum dan ukulele. Yang lainnya selintas aja dimainin. Tiap denger lagu, langsung otomatis joged. Harus ada waktu-waktu di mana dipasangin lagu anak-anak. Jadi so far, dia belum suka nonton kartun. Kebayang kan nggak bisa tenang karena nggak mau nonton kartun.

Posesif sama Mami
Kaleb sangat amat posesif sama mamanya. Kalau saya gendong anak lain, dia bisa nangis kejer sampe sedih. Pokoknya mamak cuma boleh gendong Kaleb. Kalau mamak sakit, dia bisa ikutan sedih. Jadi kemarin di daun telinga belakang Β ada jerawat. Saya minta suami liatin, tapi karena perih, jadi meringis deh saya. Kaleb yang liat langsung nangis liat maminya nangis. Trus dia langsung peluk-peluk saya. Pokoknya dia nggak boleh liat mami nangis atau sedih. Ih, so sweet banget, ya. Tapi ini nggak berlaku buat bapaknya. Hahahaha.

Semoga kamu makin cerdas, sehat, dan lucu, ya Nak. :*

 

 

 

 

2 thoughts on “Kaleb 15 Bulan

  1. kaleb sama kayak jayden, kalo lagi nenen suka mainin puting satunya lagi… gua ga tau sebenernya boleh apa engga, jadi ga pernah ngelarang hehehehe… dan sama juga kayak jayden, posesif banget sama maminya… dikit2 mami dikit2 mami hahahaha…

    • Iyaa nih ada apa sih sama bayi dan puting? Masalahnya geli2 gimana gitu. Hahaha. Aku suka larang, tapi dia tampaknya keukeuh. Dan beneer posesifnya minta ampun. Berasa ada bodyguard. Hihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s