Setahun Menyusui

IMG_4962

My first time breastfeeding Kaleb

Tepat hari ini sudah setahun saya menyusui Kaleb. 366 hari Kaleb bergantung pada tetikadi Maminya. Sampai hari ini pun setiap saya di kantor masih pumping 3 kali sehari. Iyes, 3 kali sehari! Seiring dengan Kaleb udah makan, tentunya supply ASI saya berkurang, jadi ya supaya ASI-nya tetap banyak ya tetap pumping 3 kali sehari.

Dulu mikirnya kalau Kaleb udah makan maka saya bisa lah ongkang-ongkang kaki sejenak dalam soal per-pumping-an ini. Kenyataannya, nggak! Ya karena berkurang itu dan Kaleb tetap kencang minumnya jadi Mami-nya tetap empot-empotan pumpingnya.

Yang paling bikin makin heboh dunia per-pumping-an ini adalah tepat di bulan ke-7 saya mens. Nggak pake aba-aba flek dulu, langsung deras aja gitu kayak biasa. Plus ini mens nggak ada nggak teratur, langsung tiap bulan teratur datang. Masalahnya tiap seminggu sebelum dan selama mens, pasti ASI langsung seret. Dua tetikadi cuma 60 ml. Itu pun udah lama banget pumping-nya. Duileh, drama lah! Makanya langsung deh minum ASI booster (yang mana nggak terlalu ngaruh banyak) dan nambah waktu pumping (yang mana kalau udah di rumah sering banget malesnya). Ditambah kalau mens, puting sakit kayak dulu baru belajar menyusui aja. Nyos!

But then, I and Kaleb made it for A YEAR! Yeay!! Beneran nggak gampang dan banyak dramanya, tapi akhirnya tugas emak baru ini selama setahun bisa dijalani dengan baik. Gimana kelanjutan persusuan Kaleb setelah setahun? Sejauh ini masih belum kepikiran ditambah susu formula karena semoga saja ASI saya masih cukup. Tapi mau memperkenalkan Kaleb pada susu UHT. Yes! Susu UHT kan kesukaan saya banget, ya. Duh, kebayang deh lucunya emak dan anak nongkrong sambil minum susu UHT berdua. Hihihi.

Jadi, mari lanjut sampai entah kapan Kaleb maunya. Happy breastfeeding moms!๐Ÿ˜€

 

 

5 thoughts on “Setahun Menyusui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s