Tentang Komentar Instagram

Sebagai pemerhati kehidupan selebritis dan follow beberapa seleb *beberapa? Banyak kale!* di Instagram, saya baru menyadari bahwa orang Indonesia suka banget komen di IG artis. Nggak cuma artis Indonesia aja, tapi artis luar negeri, macam Korea, Hollywood, dll. Kenapa tahu kalau itu orang Indonesia? Karena rata-rata mereka ngobrolnya pake bahasa Indo alias nyampah aja di IG orang. Yah, namanya public figure wajar lah ya kalau banyak fans yang komen. Lah, saya aja juga kadang-kadang suka komen di IG artis bareng teman-teman, sekedar misalnya bilang: “aduh, bajunya lucu amat, ya. Duh, mereka manis amat, sih.” Biasanya sih puji-pujian ya bok.

Masalahnya, di luar sana banyak komen dari orang Indonesia yang bukan men-support artisnya tapi malah jualan online shop membabi buta (kadang-kadang bahkan di postingan yang bernada duka cita) atau malah menghina-hina dan bully artisnya. Tipikal orang Indonesia banget kalau merasa berhak ikut campur kehidupan pribadi orang lain alias kepo!

Misalnya aja waktu itu saya pernah buka IG Mar*handa. As we know, dia sekarang lepas jilbab. Tiap Chacha *biar ikrib* posting di IG isinya caci maki dan hinaan karena dia lepas jilbab. Sampe ada yang nyumpahin masuk neraka dan dosa berlipat-lipat. Pertanyaannya, kalo Chacha masuk neraka, emang kita diajak masuk neraka sama dese? Lagian yang ngitung-ngitung dosa orang biarlah kerjaannya Tuhan aja. Kita mah yang masih berdosa ini apa atuh sampe berhak menghakimi orang lain.

Itu masih artis dalam negeri. Kalau lihat komenan di artis-artis luar sana, banyak juga yang komen dari orang Indo. Dan lagi-lagi komenannya luar biasa maksa, menghina, dan sok tau. Yang lucunya, pake bahasa Indo pula. Ribut di IG orang lain. Kalau ada yang nggak sependapat langsung deh fan war. Ebuset, kurang piknik kali ya sampai punya waktu buat berantem entah sama siapa di dunia maya pula.

Contoh kasus terbaru adalah Mike. Seperti kita tahu lah dia punya anak di luar nikah. Sarah dari awal bilang dia nggak minta dinikahin Mike. Udah sepakat dong ya. Intinya mereka nggak mau nikah dan udah lama putus. Sarah juga udah jadian sama cowok lain. Besarin anak bareng, tapi nggak mau nikah. Lah, terus fans ngamuk-ngamuk nyalahin Mike, “Kenapa lo nggak tanggung jawab nikahin anak orang? Udah lo hamilin, trus lo tinggalin.” Tentunya fans Indo dong, ya. Fans Thailand sana mah banyakan adem aja.

Siapalah kita yang punya hak campurin urusan mereka? Kalau artisnya nikah, emang kita yang biayain kawinannya sampe kita rempong banget? Kalau mereka nikah, emang kita diundang ke kawinannya? Ya nggak juga, kan? Intinya, kita nggak pernah tahu apa yang mereka hadapi sampai mereka mempunyai keputusan seperti itu. Kita cenderung merasa berhak mencampuri urusan orang lain sampai nggak punya batasan lagi. Nggak mikirin efeknya ke orang lain gimana.

Ayolah, sebagai fans yang baik, coba untuk dijaga tata bahasanya. Jangan merasa paling suci dan paling sok tahu kehidupan orang lain, dan paling merasa berhak mengatur hidup orang lain. Keep your boundaries. Kalau nggak suka sama artisnya, ya sekalian aja nggak usah buka IG-nya jadi nggak punya keinginan untuk komentar jelek. Malu banget kalau liat IG artis dalam negeri dan luar negeri, pasti deh fans Indo paling banyak, paling heboh, dan paling suka bikin fan war.

Jadi habis ini kita bisa kan jaga mulut dan tulisan kita? Seperti kata orang-orang bahwa orang Indonesia itu sopan.πŸ™‚

 

 

8 thoughts on “Tentang Komentar Instagram

  1. sabar kak….sabar *pukpuk kak naomi.
    Mulan jamila dong kak, hatersnya segambreng…hahaha
    kadang2 takjub sih sama mulut2 haters yang pedessss ini, mentang2 harga cabe lagi murah *gak nyambung ceuuuu :p

    • Hahahaha, iya orang mulutnya kejam-kejam amat. Walaupun ga suka Mulan Jamila tapi kayaknya kurang kerjaan juga komen di IG-nya dia ngamuk-ngamuk. Psst, sama IG bella sophie tuh juga kejam2 komennya. Hahahaha.

      • ah, aku males kalau liat IG nya sopinah kak *trus kok tau nama ejekannya si sopinah?hahhhh? wkwkwkkw
        drama bgt si bella, suka gemez kalau liat dia, jadi demi kewarasan gak mau follow IG-nya.
        kalau pas dia buka aja gembok IG nya baru baca2 komen2 sadis disana hahahaha *kok gak konsisten?

  2. Jgn lupa kakaaak…. Fanwar antar fans arteis Korea…. Ngebelain idola dah kayak membela kehormatan agama, bangsa dan negara ajwaaaah…. Kurang kerjaanπŸ˜† Aku sih prinsipnya, klo nggak suka– ya jgn dibuka. Makanya udah 2 bulan lebih nggak install Instagram lagi di HP, hwahahaha.

  3. Ihh setuju banget…apalg kl liat komen di IG aom (tetep ya cinta bgt dng Aom wkkwkkw) yg maksa2 dia dng Tina sampe mencela2 krn dia skrng dng mike….meskipun cuma fans Aom & biasa aja dng Mike tp come on tina tuh cewe loh trus Aom jg cewe…dosa kale yee suruh org jd lesbi..otak pd gak dipake apa..ampunn deh 😑😑😑

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s