Peralatan MPASI

Setelah berkontemplasi *tsah, bisa aja bahasanya* mengenai peralatan dan menu MPASI, maka saya mengambil kesimpulan makanan anak itu harus simple dan peralatannya jangan repot. Kebanyakan peralatan makan (dan tentunya peralatan bayi lainnya) itu sebenarnya cuma nice to have tapi nggak terlalu perlu. Berdasarkan panduan dari situs ini, peralatan makan bayi sebenarnya yang ada aja di rumah. Jadi berikut peralatan MPASI Kaleb yang nggak ribet dan mudah ditemui di mana-mana:

  1. Pigeon Feeding Set
    Alat makan dasar yang kayaknya dipunya semua orang. Satu set terdiri dari 2 sendok panjang dan pendek, 2 piring, 1 mangkok, dan 1 gelas yang bisa berubah fungsi dari pake dot, sedotan, dan gelas biasa yang ada tutupnya.

    Bisa ditemui di mana-mana, saya beli di Carrefour

  2. Baby Home Food Maker
    Beli ini karena semua alatnya lengkap, ada semacam tongkat kecil buat ulekan, saringan buah, perasan jeruk, dan parutan. Nggak makan tempat karena bisa digabung-gabung jadi satu. Saya beli entah merk apa di baby shop.
    Lengkap kan satu pake segala ada
  3. Talenan dan Pisau
    Ini pasti di semua rumah ada kan, ya. Tapi saya beli yang baru supaya terpisah dari makanan orang rumah, biar lebih bersih. Kalau menurut saya sih pake yang di rumah aja asal dicuci bersih juga bisa, sih.

    Talenan dan pisau baruuu dengan motif centil supaya yang masak semangat

    Talenan dan pisau baruuu dengan motif centil supaya yang masak semangat

  4. Bibs
    Bibsnya terbuat dari plastik jadi biar gampang dibersihin. Praktis, kan!

    Semacam ini nih bibsnya, terbuat dari plastik dan dibagian bawah ada kantong jadi kalau makanan jatuh bisa ditampung dan nggak ngotorin meja atau lantai.

  5. Baby cubes
    Namanya juga ibu bekerja ya, jadi masaknya ya sekalian aja dari pagi sampai sore, makanya nanti makanannya akan ditaro di ice cubes, disimpen di freezer/kulkas, begitu waktunya makan tinggal dihangatin, deh. Saya nggak pake yang khusus baby cubes. Saya beli ice cubes di supermarket berbentuk kotak-kotak kecil yang ada tutupnya.
    Bentuknya semacam ini. Ada tutupnya biar nggak terkontaminasi bau makanan yang lain.

Udah! Itu aja yang saya beli. Nggak banyak dan nggak sampe mengeluarkan uang lebih dari Rp 300.000. Hemat bener kan, ya.😀 Nah, ini karena di rumah udah ada slow cooker (embat aja punya emak. Kabarnya kan kalau working mom perlu slow cooker yang memudahkan hidup), blender (udah punya dari dulu waktu berniat hidup sehat cuma menguap begitu saja di hanyalah niat jadi blendernya nganggur, deh), dan panci kukusan (lagi-lagi embat punya emak). We’re ready to go!

PS: semua gambar diambil dari Mbah Google. Bukan punya saya, ya.😉

3 thoughts on “Peralatan MPASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s