Fun Walk, Fun Day

Beberapa hari lalu saya lihat di twitter ada acara pets fun walk di Taman Langsat dalam rangka World Rabies Day. Yang bikin menarik adalah acara ini bakal dihadiri oleh Bapak Wagub Jakarta, AHOK. Pertama, saya suka banget konsep jalan-jalan bareng hewan peliharaan di taman. Kedua, Taman Langsat adalah taman yang sering banget saya lewati karena dekat dengan kantor. Setelah direnovasi, taman ini jadi cantik dan banyak banget kegiatan yang sering dilakukan di taman ini. Ketiga, Ahok bakal ada di sana. Jadi, ada bawa anjing peliharaan, taman, dan Ahok. Sempurna banget acaranya! Maklum ya, bumil satu ini nggak ngidam makanan selama hamil, ngidamnya ketemu Ahok aja *mata menerawang* (saking obsesinya sama Ahok, saya suka sms beliau untuk sekedar kasih saran atau laporan. Selalu dibales dan hati selalu melonjak riang. Hahaha).

Masalahnya adalah Mika adalah anjing kuper yang pergaulannya seputar komplek aja. Tiap dia dibawa ikut dog gathering ada aja tingkahnya, ya pup di depan banyak orang saking stresnya (kudu banget siap-siap bawa plastik untuk bersihin pupnya) dan nggak mau gaul sama anjing lainnya, teruuus aja nempel sama saya atau suami. Beneran nggak bisa ditinggalin. Manja banget. Selain itu, dia suka gonggongin anjing lain karena insecure nggak pernah gaul. INI ANJING SIAPA SIK KUPER DAN MANJA AMAT! *pelototin*

Selain itu, kalau ikut acara itu harus bangun pagi, yang mana kesempatan satu-satunya untuk bangun siang ya cuma hari Minggu. Hari lain pasti bangun siang. Plus, tergantung kondisi badan hari itu apakah lagi segar atau nggak. Jadi, udah bilang ke suami mau ke acara itu tapi masih lihat situasi.

Namanya juga obsesi ya bok! Semalaman jadi nggak bisa tidur karena excited bakal ketemu Ahok besok. Untungnya pas bangun pagi, badan segar, nggak pusing, nggak eneg. Duh, Nak, kamu tahu aja mau dipertemukan sama sosok idola. :’) *elus-elus perut*.

Pagi itu tanpa mandi langsung siap-siap. Belum sarapan pula, tapi perut udah diganjal susu dan roti. Mika juga cuma minum air putih aja tanpa makan pagi. Biar nggak pup sembarangan dia. Siap-siap bawa air mineral di gelas in case Mika bakal kepanasan dan kecapekan. Mika yang hobi banget naik mobil dan dibawa jalan-jalan udah excited banget dari pagi. Saya apalagi! Hihihi.

Sampe di Taman Langsat jam 8 pagi. Dari tempat parkir udah kedengeran banyak suara anjing menggonggong. Mika udah blingsatan semangat. Begitu masuk ke area taman, Mika langsung gonggongin anjing lain. CAPE DEH, Mika! Saya urus registrasi yang mana gratis, malah dapat kaos buat dipake fun walk. Paling senang kalau ikut acara dog gathering gini, nggak ada yang anggep Mika aneh atau melipir pergi ketakutan. Semuanya ramah sama hewan dan sama pemiliknya. Jadi bisa saling ngobrol juga.

Pas lagi ngelonin Mika supaya nggak gonggong terus (yang mana anjing lain gonggong juga sih cuma karena ukurannya kecil jadi gonggongannya cuma kayak orang lagi cerewet aja. Lah, Mika badannya gede, gonggongannya menggelar bikin jantung mau copot!), tiba-tiba ada yang nanya, “Hey, anjingnya cakep, ya”. Pas saya balik badan………. ALBERTHIENE ENDAH aja dong yang ngajak ngomong! Mbak AE ini adalah seorang penulis beken yang karyanya udah buanyaaak banget plus pecinta anjing. Anjingnya ada 8. Dia juga aktif di kegiatan rescue anjing. Saya follow dia di twitter. Malah, pernah suatu hari Mika sakit nggak mau makan. Saya tanya ke Mbak AE makanan apa yang bikin nafsu makannya membaik. Dia bales dengan ramah dan saya terapkan sarannya. Besoknya Mika sembuh! :’) Nah, makanya pas dia ada di depan mata ngajak ngobrol tiba-tiba, sepersekian detik saya bengong *cubit saya toloooong!*. Sampe akhirnya kita bisa ngobrol singkat tentang Mika. Awwww, berkah banget sih ini!

Nggak lama kemudian, fun walk dimulai. Udah ada tracknya dan nggak jauh juga. Jadi sama-sama ngajak anjingnya jalan ngelilingin Taman Langsat. Oh ya, Taman Langsat itu cantik banget. Ada kolam teratai juga. Besok-besok mau bawa Mika ke sini ah supaya lebih gaul. Untungnya Mika udah lumayan capek karena kebanyakan gonggong, plus dia udah terbiasa jalan-jalan. Jadi pas harus jalan rame-rame (tadinya bikin khawatir Mika mogok jalan, nih), dia santai melenggang kangkung ngikutin tracknya. PROUD! Bahkan di saat anjing lain mogok jalan karena kecapekan, Mika cuma istirahat 2 kali dan menyelesaikan sampe garis finish. Anjing siapa sih ini pinter banget! :’) *cubit gemes*

Di garis finish, udah disediakan minum untuk anjing. Karena mencapai finish, kita dikasih goody bag. Isinya segala macam buku tentang rabies, syal buat dipake Mika sebagai tanda sudah mencapai garis finish, dan sekotak kue-kuean. Total lah ini pemrov DKI dalam bikin acara *prok prok*.

Pas suami dan Mika lagi istirahat di rerumputan, saya mau cari WC. Eh, bukan WC yang didapat tapi ternyata satpol PP lagi mempersiapkan jalan karena Ahok akan masuk Taman Langsat. YA AMPUN, kebetulan banget. Langsung keinginan untuk pipis hilang dan siap-siap kamera buat foto. I WAS SO CLOSE to Ahok. Walaupun dikelilingi banyak orang, tapi akses untuk salaman atau ngobrol sama dia nggak dibatasi. He was so humble! Yang paling penting, dia nggak takut anjing! Begitu masuk, dia malah ngelus-ngelus anjing besar trus dia bilang, “Sit.. sit!”. Dicuekin anjingnya! Hahahaha!

Setelah itu, beliau masuk ke ruang auditorium di mana akan ada acara mengenai hari rabies ini. Serunya, siapapun boleh masuk. Bahkan anjing-anjing sekalipun. Karena ruangannya AC jadi anjing-anjing pada gelosoran ngadem setelah panas-panasan olahraga. Nggak diusir, nggak dijijikin, nggak dibenci. Bahagia!

Ahok cerita keluarganya terbiasa sayang binatang. Neneknya pelihara banyak kucing, bapaknya pelihara belasan anjing. Jadi dia udah terbiasa dekat dengan hewan. Beliau sendiri pun sekarang punya anjing pom. Dia bilang anjing setia sekali. Kalau beliau pulang kantor dan nggak nyapa si pom. Pom-nya ngambek. Biar nggak ngambek diajak deh tidur bareng di kamar. SO SWEET! Selain itu, dia juga tahu banget permasalahan di dunia seputar hewan peliharaan, misalnya:

  • Makin banyak pencurian anjing terjadi. Lebaran kemarin, anjing husky-nya lepas. Baru aja lepas, di ujung jalan udah langsung ada orang yang ambil. Jadi pencurian anjing itu sudah mengkhawatirkan.
  • Beliau sangat concern dengan pet shop dan klinik hewan yang tujuannya sekedar komersil aja. Di mana hewan jadi menderita, bukan untuk menolong. Karena pernah kejadian waktu dia bawa pom-nya yang habis keserempet, disuruh macam-macam dikasih obat ini-itu, eh tapi ternyata cuma diakupuntur aja bisa sembuh.
  • Beliau ingin menjadikan Jakarta sebagai kota yang aman untuk hewan peliharaan. Selain itu, beliau mendukung hewan peliharaan untuk diajak jalan-jalan di taman-taman kota. Jadi, taman kota di Jakarta boleh banget untuk bawa anjing.
  • Menurut beliau, anak-anak patut diajarkan untuk dekat dengan hewan karena jika dekat dengan hewan, anak-anak belajar saling menyayangi, tidak kejam, bertanggung jawab, dan lebih baik (Sepakat banget, Pak!).
  • Beliau memerintahkan pihak-pihak terkait di pemrov DKI untuk memastikan hewan bebas rabies dan nyaman bagi berlangsungnya hewan peliharaan.

Kalau begini caranya gimana nggak makin cinta sama wagub yang satu ini. Udah ya, Nak, ngidamnya tercapai! *elus-elus perut*. Sayang sekali nggak sempat fotoan bareng Pak Ahok. Tapi nggak papa, mungkin pertama akan ada pertemuan selanjutnya? Aheeey!

Sampe rumah Mika tepar dan tidur seharian. Patut dikasih jempol karena walaupun masih kuper dan galak sama anjing lain, tapi Mika berhasil fun walk sampai selesai. Oh ada lagi. Mika berhasil memenangkan door prize hari itu. Beruntungnyaaaa! Saya bisa olahraga jalan sehat yang mana dokter udah perintahkan tapi nggak pernah kesampaian. Hihihi. Habis itu, semua tepar di tempat tidur. Malamnya, mulai deh masuk angin dan eneg lagi. Hahaha, kecapekan sodaraaah!Β It was a very nice day!

Peserta fun walk hari ini

Peserta fun walk hari ini

Satu.. dua.. tiga.. resmi dibuka acaranya (tapi balonnya nyangkut semua di pohon. Hahaha)

Satu.. dua.. tiga.. resmi dibuka acaranya (tapi balonnya nyangkut semua di pohon. Hahaha)

Menyemangati Mika yang baru sampe garis finish. Tepar doi!

Menyemangati Mika yang baru sampe garis finish. Tepar doi!

Bapak Ahok idolaku tercinta *air mata bahagia tak terkira* *elus-elus perut*

Bapak Ahok idolaku tercinta *air mata bahagia tak terkira* *elus-elus perut*

2 thoughts on “Fun Walk, Fun Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s