#menujusehat2014

Sebagai orang yang dari kecilnya sering disebut kurus kering *kasian, ya*, saya nggak pernah bermasalah dengan berat badan. Nggak pernah pantang makan dan nggak pernah olahraga juga, badan tetap kurus *jumawa*.

Karena itulah, saya jarang memperhatikan asupan makan yang masuk, ditambah ngobil ngemil yang gila-gilaan. Apakah berat badan nambah drastis? Nggak, sih, paling nambah 3 kg aja setelah menikah. Diet dikit juga turun lagi. Tapi masalahnya bukan itu.

Masalahnya nggak bisa dipungkiri kalau dengan pola hidup kayak gini saya nabung bibit-bibit penyakit. Contohnya aja nih, kalau PMS itu badan bisa sakitnya minta ampun, gampang pusing, gampang flu, dan menurut dokter waktu itu, hormon saya nggak seimbang. Penyebabnya sih bisa banyak hal, tapi terutama karena gaya hidup yang kurang seimbang. Ya iyalah, makan asal-asalah dan nggak pernah olahraga gini mau ngarep apa. Oh ya, ditambah perut buncit sampai bikin males liatnya.

Waktu ke Bali kemarin, saya hampir nggak bisa naik tangga di Pantai Padang-Padang. Napas ngos-ngosan, hampir pingsan. Saya sampai harus berhenti dulu, duduk sambil ngatur napas. Dua setengah tahun lalu waktu saya ke sana, saya bisa naik tangga itu nggak pake berhenti dan nggak merasa mau pingsan gini. Berarti dalam 2,5 tahun kesehatan saya jauh menurun, kan? Ini dibuktikan dengan saya ngepel rumah yang nggak besar aja udah ngos-ngosan kayak habis maraton. Parah banget.

Pulang dari Bali, saya ngukur berat badan saya. Secara berat badan masih normal aja, tapi body fat-nya 29. Sementara batas sehatnya adalah 30. Berarti sedikiiit lagi saya udah dinyatakan nggak sehat, kebanyakan lemak. Bayangin, badan sekurus saya tapi lemaknya di mana-mana. Belum lagi metabolic age saya jauuuuh di atas usia saya. Dengan kondisi yang kayak gini, no wonder daya tahan saya udah kayak orang jompo.

Rasanya kayak langsung ketampar. I didn’t take care myself well. Apa mau tuanya sakit-sakitan? Ih, jangan sampai dong, ya.

So, I told my hubby that I needed to work out. Dia sih semangat banget karena emang suka olahraga. Sementara saya yang mendingan tidur daripada olahraga ini ketakutan banget. Di hari saya mau daftar jadi anggota gym selama 3 bulan, saya ragu-ragu banget. Sampai harus ngiterin komplek rumah 3 kali dan akhirnya bilang aduh entar dulu deh.

Kenapa sih takut? Soalnya saya tahu saya nggak suka olahraga. Menurut saya nggak ada enak-enaknya. Makanya saya takut nggak bisa berkomitmen sama gym ini. Tapi di lain sisi, saya tahu saya harus olahraga. Banget. Bukan untuk ngurusin badan, bukan untuk nambahin otot, tapi supaya badannya sehat. Cuma itu sih motivasi saya.

Akhirnya setelah disemangati suami dan mama, kemarin saya daftar gym berdua suami (oh, plus si mama juga). Di hari pertama nge-gym, saya berhasil nge-gym selama 1 jam. Rasanya kayak mau pingsan. But I survived, lho. Hihihi. Ditambah lagi seharian itu masih beraktivitas. Ternyata saya kuat.

Oh ya selain nge-gym saya juga udah 2 minggu ini ngatur makanan banget. Makan rebus-rebusan, panggang, sayur, dan buah. Sebisa mungkin cuma sedikiiit minyak. Kalau lagi pengen ngemil, saya makan crackers yang jauh lebih rendah kalorinya dan lebih sehat juga. Kalau weekend baru deh agak longgar sedikit.

Lebih ribet dan butuh usaha sih iya banget. Harus bangun lebih pagi untuk masak, walaupun capek kerja harus olahraga. Tapiii… yang bikin semangat adalah…. pagi ini saya nimbang dan semuanya membaik:
Berat badan kembali ke berat sebelum nikah (horeee), body fat turun 3% jadi 26% (still need to lose some though), dan metabolic age turun jadi 23 (whoaaa, sebelumnya metabolic age saya jauuuh di atas umur saya, ehm.. sekarang udah jauh di bawah).

Nah, jadi mari melanjutkan program #menujusehat2014 yuk!

 

Leave a Reply

