Secured Attachment

Penelitian ini untuk melihat apakah kucing mempunyai attachment yang besar terhadap tuannya. Jadi dulu ada penelitian yang dilakukan terhadap ibu dan anak mengenai attachment. Ibu dan anak balita masuk ke dalam ruangan. Si ibu diam aja, sementara si anak explore mainan yang ada di sekitarnya. Tidak lama kemudian, orang asing masuk ke ruangan. Anak tersebut langsung panik dan mendekati ibunya. Setelah kenalan dengan si orang asing, anak pun bermain dengan dia dan mainannya, sementara si ibu diam-diam keluar tanpa sepengetahuan si anak. Begitu tahu ibunya pergi, si anak pun langsung panik. Ketika ibunya balik, anak itu langsung excited lagi.

Bertahun-tahun kemudian, penelitian tentang attachment ini dilakukan kepada anjing dan kucing untuk melihat attachment mereka terhadap pemiliknya. Ketika anjing ditinggal pemiliknya, dia langsung mencari mana pemiliknya dan meninggalkan si orang asing. Begitu pemiliknya balik, dia langsung senang lagi. Menandakan anjing mempunyai attachment yang cukup besar sama seperti si anak tadi.

Sementara dengan kucing, ketika ditinggal pemiliknya kucing cenderung cuek dan nggak peduli. Pas pemiliknya balik, kucing pun cuma menoleh sebentar dan sibuk main lagi. Menandakan bahwa kucing tidak mempunyai attachment yang besar seperti anjing.

Secara emosional, anjing mempunyai keterikatan yang lebih besar daripada kucing. Makanya sampai ada kasus Hachiko di mana dia nungguin pemiliknya terus walaupun pemiliknya sudah meninggal. Sementara kucing cenderung tidak seperti itu. Kucing kalau udah diberikan kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat yang tidak mengancam, mereka cenderung akan nyaman. Mereka tidak terlalu perlu diajak jalan-jalan oleh pemiliknya. Sementara anjing merasa butuh untuk berinteraksi dengan pemiliknya, main sama-sama, dan mendekati pemiliknya selalu. Mereka merasa aman dan nyaman berada dekat dengan pemiliknya. Mereka juga sadar siapa pemiliknya.

Gara-gara penelitian ini jadi tahu…. oh, pantesan aja Mika selalu ngekor ke mana aja saya pergi. Nggak bisa banget dia pisah atau di ruangan tertentu sendirian. Harus dekat-dekat saya. :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s