Mulai Puber

Mika adalah anjing yang hobinya gratakan, kepo, ngintilin saya dan suami mulu, nggak bisa duduk diam, kalau kita lagi nonton tv pasti dia langsung lompat ngajak main, gigit-gigit apa pun yang bisa digigit, dan makannya rakus kayak nggak pernah kenyang.

Beberapa hari ini, nafsu makannya berkurang. Ya, makanannya pasti dihabiskan sih, tapi harus ditemenin. Manja banget. Belum lagi kayak nggak terlalu excited dan pecicilan kayak dulu.

Pas kemarin kebetulan lagi libur di rumah, dia males-malesan. Saya nonton TV di ruang tengah, dia nggak ngintilin saya. Saya sibuk ke sana-ke mari dia duduk diam aja merhatiin. Pas saya ngepel baru deh dia heboh ngejar kain pel saya. Aduh, ini hati kok rasanya retak-retak gitu ya pas dia nggak kayak biasanya. Ditambah hari Sabtu ini harusnya dia vaksin terakhir dan lengkaplah semua vaksinnya. Tapi kalau lemas gini mana bisa vaksin.

Dicek kondisi tubuhnya sih semua normal, pup oke, pipis baik. Jadi ya apa toh ini?

Akhirnya daripada hati ini mencelos terus, sorenya saya bawa dia ke klinik PDHB drh. Cucu langganan di Green Garden. Begitu dimasukin mobil, dia langsung excited banget. Hilang itu lemesnya. Pas sampai dan ketemu sesama anjing lain, makin semangat aja. Mana toh yang tadi letih lemah lesu? Kamu mainin aku ya, Mikaaaa? *jewer*

Kemarin yang praktek adalah drh. Toro. Kalau dilihat dari usia dan penampilan sih beliau tampaknya dokter hewan senior (yang akhirnya pas di-googling ternyata dokter yang cukup beken dan ahli dalam bidang perhewanan. Yeay!).

Pertama ditanya keluhannya apa. Belum diperiksa, beliau langsung menebak ini adalah perkembangan fisiologis. Maksudnya di umur Mika yang 6 bulan, dia sedang memasuki masa puber dan menuju dewasa. Hal normal yang terjadi adalah nafsu makan berkurang, menjadi lebih tenang, dan tidak grasak-grusuk. Pada saat puber hal ini akan naik turun. Kadang-kadang excited, kadang-kadang nggak. Sampai akhirnya nanti umur 1 tahun dan sudah dewasa dia akan tenang.

Kalau soal makan juga wajar. Dokter menunjukkan rekam medis Mika di mana berat Mika selalu naik di masa pertumbuhan dan itu adalah hal yang baik. Bulan ini aja naik 6 kg menjadi 23 kg. Berat anjing Golden saat dewasa rata-rata 30 kg jadi sebenarnya Mika tergolong gemuk (glek!). Jadi dia bilang secara pertumbuhan masih normal.

Kebanyakan di saat anjing puber yang khawatir adalah pemiliknya karena melihat perubahan perilaku. Padahal ya biarin aja. Pada saat dewasa nanti, anjing hanya akan makan untuk maintanance tubuhnya aja. Makanan nggak akan sebanyak pada saat dia masih puppy, cenderung menurun. Jadi jangan kaget kalau nanti dikasih makan, dia nggak akan ngabisin makannya. Ya karena dia nggak butuh-butuh banget. *manggut-manggut*

Setelah penjelasan panjang lebar, drh. Toro cek fisik Mika dengan seksama dari atas ke bawah, cek temperatur (di mana Mika suhunya 40 derajat, agak demam tapi bisa juga karena habis lari-larian), dan cek kotoran Mika di mikroskop. Setelah itu Mika dinyatakan sehat. Dia cuma dikasih vitamin penambah nafsu makan dan antibiotik aja. Selanjutnya dia boleh main dan beraktivitas seperti biasa. Oh ya, dan sisa 1 vaksin ditunda dulu sampe vitaminnya habis sehingga daya tahan tubuhnya lebih baik. Oke, dok!

*hati lega riang gembira*

Secara keseluruhan, sejauh ini PDHB vet ini masih jadi andalan saya kalau Mika sakit. Alatnya lengkap, dokternya berkualitas (lihat dari sertifikat dan training dokternya yang sampai ke luar negeri), semua stafnya ramah dan well-informed soal hewan. Minusnya tarifnya mahal. Hahaha, ya udahlah ya ada harga ada kualitas *kekep dompet*.

Dari beberapa dokter yang saya temui di PDHB Green Garden, akhirnya drh Toro yang jadi favorit saya. Yang lain juga baik, pinter, dan sabar, sih. Tapi drh. Toro yang paling komunikatif, jelasin panjang lebar, dan menenangkan. Akyuu suka! Eh, juga karena dia yang paling senior yang saya tahu jadi pengalamannya paling banyak.😀

Jadiiii… akhirnya tiba saat yang dinanti-nantikan yaitu bisa duduk bareng nonton tv dengan santai sama Mika, nggak pake gratakan, nggak pake gigit-gigit. Asiiik! *cemilin pop corn*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s