Pet Shop dan Dokter Hewan di Sekitar Meruya – Kebon Jeruk

Sejak punya peliharaan, saya jadi lebih perhatian terhadap keberadaan pet shop dan dokter hewan. Dulu mah dilirik juga nggak. Bahkan, tau keberadaannya aja nggak. Sekarang, saya hapal setiap pet shop di dekat rumah karena semuanya udah saya datangi. Hihihi.

Pet shop
Di dekat rumah saya di daerah Meruya, ada beberapa pet shop yang saya pernah datangi. Saya akan kasih gambarannya satu per satu:

  1. Wendy Pet shop. Terletak di Jl Raya Meruya Ilir, Ruko Meruya Ilir No 82, di samping pom bensin. Karena di pinggir jalan raya besar dengan papan nama bergambar anjing jadi cukup kelihatan dan gampang ditemukan. Aksesoris hewan cukup lengkap di sini, dari leash, snack, mainan, botol minuman, dog food, dll. Bahkan juga dijual buku dan video tentang hewan peliharaan. Bayarnya bisa pake debit dan kredit asal di atas Rp 100.000. Mereka menjual dog food holistik. Karena Mika makan dog food holistik, maka saya selalu ke sini. Untuk harga aksesoris dan snack sedikit lebih mahal dibandingin yang lainnya, tapi masih wajar lah. Bisa grooming juga di sini. Untuk grooming standar harganya Rp 75.000. Tutupnya sekitar jam 19.00 atau 19.30.
  2. Meruya Pet shop. Terletak di Jl Meruya Ilir No 11, sebelum lampu merah Srengseng, di seberang pom bensin Srengseng. Petshop ini bersih. Dari luar bisa kelihatan tempat groomingnya jadi bisa ketahuan bersih dan pengerjaannya gimana. Aksesoris dan snack lebih murah, tapi nggak selengkap Wendy. Saya suka ke sini untuk beli aksesoris atau mainan soalnya murah. Di sini bisa juga pake debit atau kredit (sepertinya ya, soalnya ada mesinnya). Saya grooming Mika di sini. Untuk grooming standar harganya Rp 50.000. Lebih murah, kan. Tapi untuk dog food kurang begitu lengkap. Tutupnya jam 8 malam.
  3. Haagen Pet shop. Terletak di Jl Meruya Utara No 42C. Pet shop ini cenderung kecil. Aksesoris dan snack terbatas. Saya cuma pernah beli snack Pedigree di sini. Tapi untuk dog food tampaknya cukup lengkap. Tutupnya jam 8 malam.

Selain 3 pet shop yang sering saya datangi, sebenarnya masih ada yang lain lagi sih di sekitar Kebon Jeruk, seperti di ruko sebelum lampu merah relasi (tapi dia tutupnya cepat banget jam 6 sore) dan di Kelapa Dua (yang ini cuma pernah saya lewatin aja, belum pernah masuk).

Dokter Hewan
Minggu pertama Mika di rumah, di perutnya muncul bintik-bintik merah. Sebagai orang yang baru banget dalam pelihara hewan, saya panik! Waktu itu saya kira alergi makanan. Jadi saya bawa dia ke Haagen Pet shop dengan niat mau ganti dog food. Tapi untungnya orang Haagen bilang coba ke dokter hewan di daerah Karang Tengah, Ciledug karena dia buka sampe jam 9 malam. Namanya Dolitle. Dokter hewannya bisa dipanggil ke rumah juga, tapi jadi lebih lama sih. Waktu itu udah jam 19.30. Akhirnya kita pun langsung ke sana. Tempatnya kecil dan dokter hewannya cuma satu. Tapi dia cukup ramah dan menjelaskan dengan baik serta memberi obat salep. Biaya konsul dokter cuma Rp 35.000 dan obatnya nggak mahal. Jadi kalau malam-malam darurat mau ke dokter hewan, bisa ke sini. Tapi peralatan di sini kurang lengkap.

Beberapa hari setelahnya, Mika menelan mutiara gelang saya jadi dia diare dan muntah sampe lemas nggak bisa gerak. Saya langsung searching di google dokter yang peralatannya lengkap di mana. Salah satu yang reviewnya bagus adalah Praktek Dokter Hewan Bersama (PDHB) drh. Cucu di Green Garden. Peralatannya lengkap, bisa rawat inap, dan dokter-dokternya banyak yang lulusan dan training di luar negeri. Terpecaya banget tampaknya. Untuk biaya agak mahal dibandingkan yang lain. PDHB ini punya beberapa cabang, seperti di Alam Sutera, Sunter, dan Green Garden. Kalau di Sunter buka 24 jam. Sementara di kedua cabang lainnya buka dari jam 9.00-20.00.

Pertama kali saya datang, saya daftar dulu untuk dimasukkan ke dalam medical record. Sebelum masuk ke ruang dokter, hewan akan ditimbang dulu. Di dalam ruang dokter, hewan akan ditidurkan di semacam tempat tidur. Dokter akan memeriksa secara detil hewannya lalu akan memberikan treatment. Waktu itu Mika sempat diinfus dan disuntik dua kali karena diare dan muntah. Nggak sampe sehari, dia sudah kembali sehat. Kemarin waktu divaksin untuk kedua kalinya, dokter memeriksa detil setiap bagian tubuhnya, lalu mengecek di mikroskop ludahnya untuk tahu kesehatannya. Setelah dipastikan sehat, dokter baru menginjinkan untuk vaksin. Untuk vaksin saya bayar Rp 200.000 langsung ke dokternya. Waktu pertama kali datang saya nggak bawa uang cash, jadi saya ambil di ATM dulu dan bayar di resepsionis depan. Tapi sebaiknya menyediakan uang karena mereka nggak punya mesin debit atau kredit.

Pelayanan di PDHB sangat bagus. Dokter dan perawatnya tau cara memperlakukan hewan, sabar, mau menjawab semua pertanyaan konyol kita yang lagi khawatir, dan profesional. Selain itu, twitter mereka juga responnya cepat jadi mudah untuk dihubungi.

Selain kedua klinik di atas, ada beberapa klinik lagi di seputaran meruya-kebon jeruk, seperti di Kembang Kerep (tapi nggak tau kapan bukanya) dan di Kelapa Dua. Saya pilih di PDHB karena recordnya Mika udah di situ dan merasa aman aja lihat serentetan sertifikat lulusan dan training yang dipajang serta peralatan yang memadai.

Sejauh ini, baru itu dulu. Kalau ada review lain tentang hewan peliharaan akan ditulis di sini. Toodles!πŸ˜€

18 thoughts on “Pet Shop dan Dokter Hewan di Sekitar Meruya – Kebon Jeruk

    • Mungkin bisa ditelp langsung ke sana. Biasanya aku ke sana pas vaksin atau sakit. Kalau harga dokter rp 100.000. Biasanya plus tindakan dan obat yg bikin harga jd bervariasi.

      • Klo naomi pin bbnya brp…??
        Btw kucingnya sembuh ga pas d bwa ke dokter hewan ciledug…??tupai ane buntutnya di gigit tikus…kira” bagus san di bawa ke dokter yg dmn ya sis..???rumah ane sih di kedoya lebih deket di green garden tpi klo d ciledug bagus ane mo nyoba yg d ciledug…

      • Aku ga punya kucing. Punyanya anjing. Kalau masalahnya serius coba ke green garden aja. Takut kalau ringan bisa ke ciledug.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s