Life of Pi

Belakangan ini di twitter berseliweran tentang betapa puasnya orang-orang yang udah nonton Life of Pi. Itu udah bikin saya langsung semangat mau nonton. Tapi terus nggak jadi karena nggak sempat. Kemudian, makin banjir review tentang film ini sampai ada yang bilang kalau mau nonton harus yang 3D di Blitz Megaplex biar gambarnya yang bagus itu terasa makin bagus. Makin semangat dong buat nonton.

Life_of_Pi_11

Akhirnya kemarin karena bisa pulang cepat dari kantor dan Blitz yang paling dekat adalah Pacific Place, saya dan suami pun langsung ngesot ke sana. Kita nonton yang jam 20.30. Bakal pulang malam banget, nih. Dan kalau ternyata filmnya jelek, saya pasti bakal ngantuk habis-habisan karena jam biologis saya untuk tidur adalah sekitar jam 9-10 malam.

Adegan awal Life of Pi langsung disuguhi dengan pemandangan indah hewan-hewan di kebun binatang. Ngambil gambarnya begitu bagus sampai rasanya hewan itu beneran keluar dan bikin saya kagum. Kemudian ada kota Pondicherry, yang merupakan Perancis-nya India. Kota itu digambarkan bagus banget, orang-orang bersepeda, pakaiannya bergaya orang-orang Perancis, deh. Rasanya waktu itu langsung berdoa, Tuhan suatu hari nanti boleh dong ya diajak ke sana.

Kolam renang terindah yang diceritain sama Mamaji (pamannya Pi), itu saking indahnya digambain beniiing banget dan saat itu kayaknya airnya bilang ke saya untuk ngajak nyemplung. Langsung saya menggumam, kalo ada kolam renang kayak gitu di Jakarta rasanya saya nggak pengen keluar dari kolam renangnya, deh.

Belum lagi adegan di laut yang spektakuler. Ikan paus super besar lompat di malam hari, adegan beratus-ratus lumba-lumba, ubur-ubur yang menyala, pulau karnivora yang hidup, bahkan Richard Parker si harimau kelihatan asli banget. Nggak tau sejenius apa otak Ang Lee, tapi mata saya dimanjakan banget sepanjang film.

44692000001_1753878599001_Life-of-Pi-fox-t

Life-of-Pi-Bioluminescent-Water

Yang bikin film ini makin bagus adalah jalan ceritanya pun bagus dan nggak membosankan. Life of Pi ini bercerita tentang faith, spiritualitas, fear, dan survival. Kalau udah berhubungan sama hal-hal kayak gini saya paling demen, deh. Saya suka diajak mikir kalo soal spiritualitas dan faith. Saya suka mempertanyakan banyak hal yang berhubungan dengan agama. Buat saya itu bikin pemahaman saya akan suatu keyakinan bisa bikin lebih mendalam. Dan Life of Pi ngebahas itu semua. Gimana saya nggak jatuh cinta?😀

life-of-pi-movie-still

Kata-kata yang lumayan nampar saya adalah ketika dia terdampar di pulau karnivora dan kemudia berhasil keluar, dia bilang kira-kira seperti ini (belum nemu quotes-nya di google), Tuhan tuh sebenarnya baik. Walaupun kelihatannya Dia nggak menjawab tapi Dia menunjukkan jalan yang benar kepadaku. Walaupun Dia kelihatannya nggak peduli, tapi sebenarnya dia mengarahkanku (Pokoknya intinya begitu, nanti kalo udah dapat quotes yang benar akan diperbaiki). Nah, kata-kata ini nampar banget buat saya yang dikit-dikit ngeluh. Lah, kalo saya yang dibiarin terdampar sama harimau di tengah lautan antah berantah, makin ngamuk kali saya sama Tuhan. But he didn’t. Itu ngajarin saya banyak hal. :’)

Ini salah satu film yang pas habis saya kayak nggak rela keluar bioskop. Masih mau lagi nonton. Kayaknya sih saya bakal nonton lagi di bioskop. Hihihi.

Sampai malamnya, saya masih excited ngomongin ini sama suami. Dia udah ketiduran, saya malah sibuk googling quotes-nya. Sampai jam 1 pagi saya nggak tidur karena kepikiran mulu sama filmnya. Saya kalo udah disuruh mikir gitu emang langsung deh otak nggak mau berhenti. Hihihi.

This is a brilliant movie. I would hug Ang Lee, Yann Martel, and all the casts for giving me the most incredible movie experience. 

“Above all, it’s important not to lose hope”

Pi Patel

One thought on “Life of Pi

  1. gila ya ni film, gue aja nonton 2D nya udah terpukau2 hihihi… yg menarik itu karena konsepnya dinarasiin, jd kayak diceritain di dongengin gitu kan. oya sama ada 1 quote yg taikk bgt mi, tapi sangat benar : all of life is an act of letting go but what hurts the most is not taking a moment to say goodbye. huhuhu. bener2 film yg ngajarin makna hidup bgt.

Leave a Reply

