Menantang Uya Kuya dan Romy Rafael

Sabtu kemarin saya disuruh kantor ikut pelatihan Fundamental Hypnosis di Kemang dari jam 9.00-18.00. *menguap lebar-lebar* Ikut pelatihan ini antara excited dan malas. Excited karena *ehm* siapa tahu bisa gantiin Uya Kuya dan Romy Rafael di TV #sakkarepmu dan malas karena itu Sabtu gitu, loh.

Saya datang ke Hotel tempat pelatihan telat 5 menit. Semua peserta udah di dalam. Bangkunya disusun setengah melingkar. Karena telat, saya duduk di depan.

-___________-‘

Peserta lainnya kebanyakan bapak-bapak dan hanya ada 3 orang perempuan. Itu juga Ibu-Ibu. Jumlah pesertanya termasuk saya ada 15 orang. Mereka semua ngira saya masih mahasiswi dong. Lalu terkejut karena saya Psikolog. Hahahaha!

Di awal pelatihan dijelaskan teori yang mana saya udah pernah belajar, tentang gelombang otak manusia dan tahap-tahapan sadar dan tidak sadar. *hampir ketiduran*

Baru setelah teori dijelaskan. Setiap peserta diminta latihan Suggesbility Test, yaitu semacam tes yang diberikan kepada calon klien apakah klien ini berpotensi untuk mudah dihipnotis atau nggak. Caranya sih gampang-gampang susah, mirip hipnotis yang kita lihat di TV cuma dengan lebih sederhana dan cepat. Jadi misalnya, si klien disuruh relaks, saking relaksnya mereka pas mau coba berdiri nggak bisa dan lengket di kursi. Nah, suggestibilty test ini ada 5 macam dan kita wajib mempraktekkannya ke orang-orang yang berbeda.

Bok, untuk pertama kalinya saya bisa nyuruh orang untuk nggak bangun-bangun dari kursinya. Kayak dilem di bangku. Belum lagi suggestibilty test lainnya itu disuruh nutup mata sampai nggak kebuka matanya. Lucu banget. Berhasil dong! #jumawa😀

Setelah mendapati siapa yang mudah disugesti, nah orang-orang itulah yang biasanya akan dipakai untuk contoh dan dimasukin sugesti alias dihipnotis nantinya. Pernah liat kan tuh Romy Rafael nepuk pundak orang trus dia jadi tidur gitu. Hiyah, saya coba teknik gitu juga, dong! Dan berhasil bikin orang berada di alam bawah sadarnya alias kayak tidur. *lompat-lompat kesenangan*

Saking nggak percayanya, pas si klien bangun, saya tanya:

“Pak, tadi Bapak beneran nggak sadar? Beneran tidur gitu?

“Iya. Tapi saya masih bisa dengar Mbak ngomong apa.”

Terus saya terkagum-kagum sama diri sendiri. HAHAHA! Itu segala macam masukin sugesti sampai orang merasa kayak jatuh cinta dan senyum-senyum sendiri udah saya coba. Rasanya saya bisa bikin TV show nih sebentar lagi. #dilemparbom

Tapiiiii… kalau dari semua praktek saya berhasil menghipnotis si klien, sebaliknya saya nggak mempan dihipnotis sama sekali, walaupun sama pengajarnya. Oh, ada apakah dengan diriku?

Jadi begini penjelasannya. Seseorang itu nggak bisa dihipnotis kalau orangnya nggak mau. Tingkat sugestif setiap orang juga beda. Yang mudah disugesti itu paling cuma 10%, yang moderat 85%, dan yang sulit 5% dari populasi. Kemungkinan saya adalah tipe yang moderan atau sulit, yang mana saya butuh berkali-kali sesi relaksasi dulu sampai bisa dihipnotis.

Eh, tapi emang bener, sih. Saya pada dasarnya nggak rela dihipnotis. Pertama, saya cukup introvert jadi gimana pas saya nggak sadar mereka tiba-tiba ngorek info penting dari saya kayak si Uya Kuya. Kedua, saya takut kalau dihipnotis nanti disuruh melakukan hal-hal bodoh dan memalukan tanpa disadari. Ketiga, saya nggak suka kalau nggak personal. Keempat, tempatnya rame jadi nggak bisa fokus. Dan kelima, saya emang nggak percayaan sih orangnya. Hehehe. Jadi isu terbesar saya adalah trust. Sama orang yang pakar hipnotis aja saya nggak yakin mereka bisa menghipnotis saya.

Tapi pelatihan ini bermanfaat juga, sih. Setidaknya saya tahu banyak hal baru dan bahwa hal-hal yang kelihatannya mustahil di TV itu bisa beneran dilakukan. Dan bahwa, semua orang bisa melakukan hipnotis. Ya termasuk si Uya Kuya itu. Jadi ya jangan heran dia seliweran di TV membongkar rahasia orang. -____-‘

Akhir kata, waspadalah Uya Kuya dan Romy Rafael! Saya akan jadi the next hypnothera…… #NGENG! #dilindessepeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s