Mengenai Cek-Ricek Kesehatan

Sebagai orang yang takut banget kena penyakit ganas, saya sering banget baca artikel kesehatan. Bacanya antara takut dan penasaran, sih. Takut kalau gejala-gejala penyakit yang disebabkan ada di saya, tapi penasaran juga kalau nggak tahu sama sekali informasi yang benar.

Dari sebelum punya rencana menikah, saya udah kepikiran untuk vaksin kanker serviks. Tapi selalu ada aja kendalanya, ya yang mahal bangetlah, trus lupa, dan nggak kepikiran lagi sampai sekarang.

Tiba-tiba kemarin, teman saya menghubungi dan ketakutan karena sepertinya ada benjolan di payudaranya dan takutnya itu kanker. Nah lho! Langsung tersentaklah saya. Ini nih yang saya takutin dari dulu.

Kembali saya ingat kalau saya punya rencana vaksin serviks. Salah satu kanker pembunuh nomor pertama untuk perempuan Indonesia yang masih bisa dicegah. Butuh waktu 6 bulan untuk mencegah karena vaksin ini membutuhkan 3 kali suntikan, yaitu pada bulan 0, 1, dan 6. Pas banget karena pernikahan saya 7 bulan lagi.

Langsung saya grasak-grusuk telepon rumah sakit yang menyediakan vaksin serviks. Eh, ternyata harganya sekarang udah lebih bisa terjangkau, lho. Dan kalau dipikir-pikir juga, lebih baik ngeluarin uang yang nggak seberapa sekarang dibandingkan kalau kena nanti bisa mengeluarkan uang berkali-kali lipat dan (amit-amit) nggak sembuh juga karena terlambat ditangani.

Ketika saya mengutarakan niat vaksin serviks, ada 2 kubu. Kubu yang setuju karena udah melihat ada orang-orang yang emang terkena serviks dan kubu yang mengatakan, “Trus kalau kamu cek, nanti ada apa-apa, kamu batal nikah?”. Tentu saja, saya langsung tanya ke pacar soal cek ricek kesehatan ini. Dia awalnya ragu juga karena takut kalau ada apa-apa dan menyurutkan niat untuk nikah. Tapi setelah dijelaskan panjang lebar, dia setuju bahwa tindakan itu untuk pencegahan, bukan untuk membatalkan pernikahan.

Sampai saat ini tekad buat vaksin serviks sih udah bulat. Tinggal lagi tanya-tanya premarital check up harganya berapa. Untuk jaga-jaga kalau ada apa-apa (amit-amit) bisa dicegah dulu dan supaya nanti bayinya sehat.

Lalu saya menyadari, I already love my future baby before I even concieve him/her. Dan untuk pertama kalinya menyadari bahwa lagu Savage Garden yang I Knew I Loved You bisa benar adanya. :’)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s