Dunia Setelahnya

Setelah lulus, niat hati ingin bersenang-senang. Kuliah dari jaman S1, lanjut S2 tanpa henti selama 6 tahun lebih bikin saya berangan-angan kalau sehabis lulus, saya akan liburan, jalan-jalan, dan berhura-hura sampai puas. Kenyataannya: JAUH! *jatuh dari gedung pencakar langit*

Sehari-dua hari, sih, rasanya masih senaaang! Berasa kayak orang habis dipenjara, trus bebas. Selanjutnya, dunia nyata tiba-tiba muncul di depan muka. Menampar bolak-balik dan membangunkan dari tidur panjang. Selama kuliah, saya nggak pernah nggak bisa tidur gara-gara soal laporan yang menumpuk. Waktu ngerjain thesis saya emang stres, tapi nggak mengurangi nafsu makan. Menjelang sidang, saya cemas, panik, dan berkali-kali mimpi buruk, tapi tidak membuat gelisah berkepanjangan dan menangis. Ternyata setelah lulus, saya malah mengalami yang namanya nggak tidur 2 hari karena gelisah berkepanjangan, panik teramat sangat tapi nggak tahu gimana cara mengatasinya, dan menangis tiba-tiba.

Ternyata dunia setelah lulus lebih berat. Beratnya lagi, lulus S2 dengan predikat seorang psikolog klinis membuat orang lain berpikir saya adalah orang yang kuat dan dapat mengatasi segala macam hal. They think I’m a wonder woman. Kenyataannya saya tetap Naomi yang sama, cuma dengan pengetahuan yang lebih dalam aja. Belajar psikologi membuat saya selalu berusaha mencerna setiap permasalahan yang ada, memilah-milahnya, dan melihat intinya. Lalu saya mulai berusaha menganalisis apa masalah sebenarnya. Capek? Tentu saja. Hal yang paling melelahkan adalah melihat diri saya sebenarnya tanpa mekanisme pertahanan diri apapun. Mengerikan! Biasanya saya selalu merasionalisasi apapun yang ada, tapi ternyata ketika menanggalkan itu, saya takut pada diri saya sendiri.

Setelah lulus, saya dihadapkan banyak hal. Mereka pikir saya baik-baik saja, well I’m not. Saya takut. Teramat takut saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s