Sahabat-Sahabat

Kami berlima berteman dari kelas 2 SMA. Tiga laki-laki dan dua perempuan.

Banyak drama yang terjadi dari persahabatan ini. Ada yang akhirnya jadian, ada yang pernah suka-sukaan tapi nggak kesampaian, ada yang berantem sampai lama banget tapi berakhir dengan baikan dan sayang-sayangan, dan ada yang akhirnya putus. Ya, mungkin cerita persahabatan kami bisa dibikin serial Friends versi Indonesia *lebay*.

Semenjak pisah sekolah, ketemu masih bisa diusahakan, walaupun salah satu dari kami kuliah di Jogja. Tapisetiap dia datang, kami biasanya selalu berusaha ngumpul berlima dengan formasi lengkap, atau kalau perlu sekalian bawa pacar masing-masing. Setelah lulus kuliah, mulai makin sibuk, deh. Mana teman yang tadinya di Jogja itu sekarang kerja di Makasar. Makin susah aja ketemunya. Komunikasi makin terhambat sama dia. Sama teman-teman yang di Jakarta walaupun nggak sering-sering banget ngobrol, tapi masih tahu kabar masing-masinglah.

Naaah, malam ini masuk nomor yang nggak dikenal ke telepon CDMA saya. Pas diangkat, ternyata teman saya yang di Makasar itu. WOOOOW, saya langsung jingkrak-jingkrak kesenangan. Udah lamaaaa banget nggak ngobrol sama dia. Dia adalah orang yang paling dewasa di antara kami berlima. Pembawaannya lebih teratur dan ngemong. Kita ngobrol ngalor-ngidul, tukar cerita sana-sini, dan cekakak-cekikik. Tiba-tiba dia bilang,

Mi, gue udah tunangan bulan Februari kemarin.

Awwwww!! Saya langsung menjerit. Antara kaget dan senaaaang! Belum sempat rasa kagetnya habis, tiba-tiba dia ngomong lagi,

Gue bakal nikah bulan September tahun ini di Jogja.

What? What? Tambah senaaang lagi. Huaaaa, akhirnya ada di antara kami yang menikah juga dan itu ternyata dia. Hm, nggak pernah nyangka, sih. Nggak pernah mengira-ngira juga kalau dia yang bakal menikah duluan.

Dia bilang belum memberitahu yang lainnya. Secepat kilat saya langsung mengambil HP dan mengirim SMS ke teman-teman yang lain. Saya langsung membayangkan bakal ke Jogja. Saya nggak pernah ke Jogja dan liburan yang direncanakan tahun ini untuk ke sana ternyata dibatalkan. Berita ini bikin saya punya kesempatan buat ke Jogja dan semoga saja bareng sahabat-sahabat saya ini.

Dengar berita ini, saya langsung tersadar ternyata emang udah waktunya orang-orang seusia saya memasuki tahap pernikahan. Saya seharusnya nggak perlu kaget lagi kalau ada teman yang bilang mereka bakal menikah. Tapi tetap aja bikin kaget. Awalnya saya senang, tapi begitu usia bertambah, kadang-kadang sering timbul perasaan cemas, takut, dan iri juga. Saya suka nanya kapan waktunya saya dan siapa yang bakal jadi jodoh saya. Ketakutan ini yang bikin saya sering nanya ke orang-orang apa yang membuat mereka yakin untuk menikah dan memutuskan pasangannya adalah jodohnya. Dari beribu alasan yang dikasih, tetap saja membuat saya kebingungan. Ternyata dalam hal ini nggak ada rumus pasti kayak matematika. Seringnya mereka bilang kalau mereka selalu membawa itu semua dalam doa dan akhirnya diberi keyakinan. Bikin gregetan juga, sih, karena saya masih clueless. Tapi pada akhirnya saya sadar, saya nggak bisa maksain apa-apa dan biar Tuhan yang ngatur aja. Yaaah, berdoa mungkin cara paling baik.

Sekarang saya mulai bisa lebih santai. Mungkin masih ada ketakutan, tapi nggak sepanik seperti dulu. Dulu saya bisa iri setengah mati lihat teman yang mau nikah. Kalau sekarang, saya beneran bisa ikutan bahagia kalau teman mau menikah. Akan ada waktunya buat saya. That’s for sure.

And for you, Adit, I’m very very very happy for you and Amel. Hope everything goes well till the D day. Can’t wait to see you two getting married. Yihaaaa!🙂

From left: Adit, Gina, Julius, Naomi, Kris

One thought on “Sahabat-Sahabat

  1. ya ampun mi? Friends versi Indonesia? Are we that cool? Gyahahahahahahahahahaha.. “a bit” excited about Adit’s wedding things ya.. Gyahahahahahahaha..

Leave a Reply

