24 Jam Tidak Pernah Cukup

Kita punya 7 hari dalam seminggu, 24 dalam sehari, tapi kenapa semua tidak pernah cukup ketika harus bersamamu? Selalu ada hal lain yang harus didahulukan: A, B, C, D, E, dan seterusnya. Dan di manakah seharusnya urutanku?

Aku menunggumu di sini setiap malam. Ada banyak hal yang harus kamu selesaikan dahulu. Beberapa hal yang menempatkanku jadi orang terakhir yang akan berbicara denganmu. Dan aku sadar 24 jam tidaklah pernah cukup untukmu.

Aku tahu ada saatnya kamu terlalu lelah karena dunia sudah menyerap seluruh energimu sepanjang hari sampai aku harus mengalah untuk sekedar mendengar ceritamu hari itu. Aku membiarkanmu menghela napas panjang dan membiarkanmu memasuki alam mimpi lebih cepat. Energimu harus terisi penuh agar besok mereka bisa menyerapnya sampai habis lagi.

Kadang-kadang aku jadi merasa terlalu egois untuk menuntutmu memberikan perhatian yang lebih. Bagaimana mungkin bisa lebih jika bagimu saja itu terasa kurang. Ada 7 hari dalam seminggu dan seringkali aku hanya mendapatkan waktu beberapa jam saja untuk mendapatkan pembicaraan yang berkualitas denganmu. Beberapa jam yang seringkali harus terbagi dengan orang lain. Dan aku benar-benar tidak tahu bagaimana caranya untuk sekedar berkata aku ingin lebih.

Percakapan seperti apa yang bisa kamu berikan jika di akhir hari yang kamu inginkan hanya beristirahat? Dan aku ingin sekali memberitahumu bahwa hari ini aku ingin mendapat yang lebih, bukan cuma sekedar sisa-sisa tenagamu, bukan sekedar pembicaraan ala kadarnya demi rutinitas, bukan cuma pikiran setidaknya telah berbicara denganku, bukan sekedar jadi orang terakhir yang harus diselesaikan sebelum menutup harimu.

Dan mungkin seharusnya aku diam saja dan menerima bahwa 24 jam memang tidak pernah bisa cukup untuk kamu ataupun aku. Beberapa jam atau menit atau bahkan detik yang kamu sediakan sudah cukup bagus untukku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s