Today’s Client

Hari ini ada seorang klien yang datang ke puskesmas. Ia adalah seorang pria berumur 43 tahun yang mempunyai 3 anak. Ia bertanya apa yang sedang dialaminya sekarang. Ia menderita asam urat dan kolesterol yang diakibatkan stres. Dia nggak punya pekerjaan tetap dan usahanya lagi merosot banget. Dia takut anaknya nggak bisa ngelanjutin sekolah. Dan dia merasa bertanggung jawab terhadap adik-adiknya yang nggak mampu secara ekonomi karena dia anak pertama dan BATAK.

Why I should mention Batak? Karena sebagai anak sulung di keluarga Batak, saya tahu banget rasanya punya beban untuk menjaga adik-adiknya dan harus jadi orang sukses biar bisa dicontoh adiknya. Udah nggak terhitung berapa kali, saya dengar Mama bilang: kamu harus jadi orang biar adik-adiknya bisa nyontoh, harus lulus kuliah baik-baik, harus dapat suami yang baik, kalau nanti adikmu kesusahan kamu yang bantu, kamu yang sekolahin, kamu yang tanggung jawab.

Waaah, bebannya besar sekali. Jadi, ketika saya mendengar bapak itu begitu terbeban dengan harus membantu adik-adik dan ibunya, saya bisa mengerti sekali. Saya juga merasakannya. Harus jadi sesempurna mungkin supaya jadi contoh yang baik.

Tapi saya juga tahu saya manusia yang terbatas. Gilaaa.. nggak mungkinlah saya sesempurna itu. Jadi saya belajar untuk sedikit cuek. Saya bantu sebisa yang saya mampu, saya berjuang sekeras yang saya bisa, tapi nggak akan menjadikan itu beban. Jadi tadinya saya pengen kasih saran ke bapak itu untuk lebih loose sedikit, untuk lebih cuek, dan nggak terlalu menaruh beban berat di pundak sendiri. Tapi, kok, sarannya jadi nggak psikologis banget, ya? Hihihi. Well, it works for me though.

Oh ya, dan tadi pertama kalinya saya melihat seorang bapak menangis karena takut anaknya nggak bisa sekolah dan menyadari betapa sayangnya dia sama keluarganya. SO sweet, sir. Get well soon for your family. Don’t think too much. You deserve to be happy. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s