Rules for You and Me

Dunia percintaan itu kadang-kadang kejam (*tsah!). Perlu strategi jitu buat bikin semuanya berhasil. Bukan berarti saya jago berstrategi juga, sih. Tapi saya belajar hal dari sini:

  • Dia pasti akan berusaha selalu keep in touch sama kamu dalam bentuk apapun juga setiap hari, kecuali dia lagi di pedalaman yang nggak ada sinyal atau di luar angkasa (lebay mode : on). Sesibuk apapun kerjaan dia, apakah dia kerja kantoran, pengusaha, PNS, atau presiden sekalipun pasti pengen tahu kabar kamu dan rela menyisihkan semenit dua menit dari waktu super duper sibuknya untuk sekedar SMS nanya kamu lagi ngapain. Atau sehabis pulang kantor, dia (seharusnya) akan kasih kabar bahwa dia udah pulang dan meluangkan sedikit waktunya untuk SMS atau telepon kamu karena setelah seharian berjuang mencari sesuap nasi dan (tentunya) segenggam berlian, dia pengen dengar satu suara yang selalu bikin dia merasa kangen, dan itu kamu. Kalau hubungan udah berlangsung lama, biasanya pasangan akan terbiasa melakukan ini. Tapi kalau baru-baru dan masih belum tahu what rules do we both agree, saya (ini saya, lho, dan bisa beda-beda dengan kamu) akan nunggu dia melakukan hal itu atau nggak, kalau iya pasti saya akan melakukan hal yang sama. Tapi kalau nggak, patut dipertanyakan, apa dia terlalu cuek, ya, sampai nggak mau tahu kabar saya hari itu?
  • Jangan posesif. Nanya kabar hari itu boleh, tapi kalau sampai setiap jam tanya, uuuh.. bikin males juga, kan. Orang tua aja nggak nanya kita ada di mana setiap jam, tapi kok dia nanya terus dan terus kayak diawasin aja. Apalagi kalau dia sampai ngambek karena kita mau pergi sama teman-teman kita dan bukannya sama dia. Padahal tiap minggu kita habisin bareng dia. Hmm.. pikir-pikir aja, deh. Love is about trust. Kalau dia sampai tanya-tanya terus keberadaan kamu dan bikin ruang gerak kamu jadi terbatas, berarti dia nggak percaya sama kamu, kan? So, think about that.
  • Look, how he respects your family. Kalau dia sampai marah karena kamu punya urusan sama keluarga kamu. Uuh, mendingan nggak usah, deh. Baru pacaran aja dia udah melarang-larang kamu ngabisin waktu bareng keluarga, apalagi nanti pas nikah. Males banget, kan. Kalau masih pacaran doang, family is still number one, he goes next. Dan jangan sampai terdengar dia jelek-jelekin keluarga kamu. A BIG NO! When someone loves you, he should love your family too no matter what.
  • Kalau udah pacaran, hargai teman masing-masing. Seberapa pun kita nggak nyambung sama obrolan teman-temannya, tapi dia kan temannya pacar kita, jadi hargai mereka. Pacar akan merasa dihargai kalau kita bisa menghargai teman-teman mereka. Lagian kalau bisa temenan sama mereka, kita bisa menggali info lebih banyak tentang pacar kita, kan. Jadi kalau ketemu teman-teman pacar, walaupun kita enggak dekat, always put your smile on your face.
  • Perhatikan, seberapa dia ingin melindungi kamu. Kalau kamu udah cerita macam-macam tentang seseorang yang sering mengganggu kamu dan dia tenang saja. Ok, this is a sign. Dia harusnya pengen kamu baik-baik saja. Jadi kalau ada yang gangguin kamu, dia akan merasa khawatir dan memberi nasehat panjang lebar supaya kamu lebih hati-hati atau kalau udah keterlaluan, dia akan nawarin bantuan dengan turun tangan sendiri. When he loves you, he wants to be your hero.
  • A little jealousy is ok. Kadang-kadang saya pengen denger pacar saya lagi cemburu. Buat saya itu jadi romantis karena menandakan bahwa dia pengen jadi orang yang paling utama di hidup kamu. Tapi hati-hati sama rasa cemburu. Cemburu yang berlebihan itu nggak perlu. Lihat dia ngobrol sama cewek, kamu cemburu. Lihat dia melirik cewek cantik, kamu cemburu. Buat saya melirik cewek cantik adalah nggak papa, karena dia punya mata, kan. Dan itu akan jadi bahan pembicaraan yang menarik juga, kan. Intinya sedikit rasa cemburu itu normal, tapi kalau berlebihan mendingan tinggalin aja, deh. Masa kamu jadi nggak bisa ngomong dengan lawan jenis di dunia ini?
  • Not only a lover, but you can be his sister or his bestfriend. Ada saatnya kamu bisa manja-manjaan di samping dia, tapi ada saatnya juga kamu bisa mandiri dan jadi lebih dewasa. Jangan bikin dia gerah karena kamu terlalu manja.
  • He’s your boyfriend, not your driver. Ke mana-mana harus sama dia. Harus dijemput dia setiap hari kapan pun, di mana pun. Nggak lihat waktu atau hari. Duh, dia kan pacar kamu, bukan supir. Kalau emang dia lagi nggak bisa, ya jangan dipaksa, dong. Dia kan juga punya kegiatan sendiri dan kegiatannya bukan cuma jemputin kamu. Tapi pacar yang baik pasti akan rela jemput kamu ketika kamu pulang kemalaman karena takut kamu kenapa-kenapa di jalan.
  • Cowok itu akan jadi kepala keluarga jadi dia harus bertanggung jawab. Kalau dia berani macarin anak orang, pasti dia akan bertanggung jawab. Dan tanggung jawab di sini berhubungan sama uang dulu, ya. Jangan sampai dia punya banyak alasan yang bikin kamu harus selalu bayarin dia. Duh, mau pacaran tapi nggak modal. Males banget, kan. Nggak papa juga patungan, tapi jangan sampai pelit. Patungannya bener-bener dibagi sampai receh-recehnya kan ketahuan banget orang ini perhitungan. Let he responsibles for you, dear.
  • If he loves you, he’ll treat you right. Jangan biarin dia ngebentak kamu, apalagi sampai main fisik. A BIG NO! Percaya, deh, orang kayak gini nggak akan berubah. Kalaupun dia berubah dibutuhkan keajaiban yang besar. Cewek itu nggak perlu dibentak atau dipukul untuk bisa mengerti. Jadi kalau dia nggak tahu gimana caranya memperlakukan kamu dengan benar, just leave him immediately.

Hm.. sekarang segini dulu, deh. Baru ini yang kepikiran. Lain kali kalau ada lagi dilanjutin, yaaah. Intinya saling melengkapi. Dan cinta itu nggak bodoh, apalagi buta, girls. Tuhan aja menciptakan sepasang mata supaya kita bisa melihat, apalagi cinta. Tuhan nggak menciptakan cinta yang buta, tapi cinta yang bisa melihat dan membangun kita jadi lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s