Love and Lust

Kemarin baru menghadiri sebuah talkshow yang diadakan Gereja saya. Talkshow ini mengenai: from nothing to something. Ada 4 pembicara di sana yang akan membicarakan masalah ekonomi, enterpreneurship, politik, dan pornografi.

Waktu sesi tanya-jawab ada satu pertanyaan yang menarik perhatian saya. Pertanyaan ini adalah: kalau pegangan tangan doang pas pacaran itu termasuk pornografi nggak, sih? Mungkin dilihat dari sudut pandang agama juga kali, ya.

Si pembicara ini menjawab: pegangan tangan sih boleh asal bukan nafsu aja, ya. Pegangannya dengan kasih sayang.

Jawaban ini cukup lucu buat saya, walau saya tahu apa maksudnya adalah jangan sampai setelah pegangan tangan merambat kemana-mena karena nafsu.

Tapi emang bisa ya cinta tanpa nafsu? Yang dimaksud di sini cinta dalam hubungan antara pria dan wanita, ya.

Kalau buat saya, sih, cinta itu nggak bisa tanpa nafsu. Buat saya pegangan tangan, membelai rambut, bisa disebut nafsu. Karena kita sudah punya keinginan untuk menyentuh pasangan kita, walau itu semua didasari dengan rasa cinta. Contoh yang lebih jelas lagi adalah anak itu diciptakan dari hubungan cinta dan nafsu. Coba, deh, kalau cinta doang mana bisa jadi anak. Jadi, Tuhan sama-sama menciptakan cinta dan nafsu bersamaan.

Lagipula, kalau pacar cium kening kita sebagai tanda cinta, kita juga senang, kan? Kalau dia membelai rambut kita, kita nggak bakal jadi marah-marah juga, kan?

Jadi kalau pegang tangan tanpa nafsu? Hm.. I doubt that. Kalau mau cinta tanpa nafsu lebih baik nggak usah pacaran aja. Karena sampai saat ini buat saya nggak mungkin. Tapi kalau ada yang sampai bisa, sih, jago banget ya. Saya angkat topi, deh (*lho, topinya dari mana, ya? Hihihi).

Yang penting, jangan sampai nafsu yang melebihi cinta. Karena kalau nafsu melebihi cinta, nggak perlu pacaran juga. Cari aja pria atau wanita untuk semalam. Hihihi.

Good luck on your love, guys.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s