Belum Jadi Profesional

Tadi rekaman wawancara kasus pribadi akhirnya di-feedback juga. Saya nggak deg-degan sama sekali walau saya tahu hasilnya hancur banget. Saya inget banget pas wawancara itu saya blank, nggak konsentrasi sama sekali, nggak tahu apa yang klien bicarakan, dan nggak fokus. Like I wasn’t there. Like it wasn’t me.

Waktu itu kondisi saya lagi capek banget. Benar-benar exhausted. Mood saya lagi berantakan. Dan ternyata itu berpengaruh banget sama performa saya. Selama ini saya selalu merasa pede kalau harus wawancara atau konseling. Saya merasa bisa dan udah mengerti gimana caranya. Merasa udah sering melakukan. Tapi pas waktu itu hancur banget, bahkan sang dosen dan teman-teman menanyakan ada apa dengan saya. Kok kayak pikirannya melayang-layang dan nggak ada di wawancara itu.

Di situ saya baru sadar kekurangan saya. Saya nggak bisa melakukan sesuatu dengan baik kalau fisik saya lagi drop. Makanya kalau saya bilang ke orang-orang saya butuh tidur cukup, itu bukan karena saya malas atau pura-pura, tapi saya benar-benar butuh banget. Kalau nggak mood saya bisa hancur lebur dan ngaruh banget ke semua aktivitas saya.

Saya juga baru sadar kalau saya belum bisa jadi profesional. Saya nggak bisa memisahkan antara masalah pribadi dan masalah kerjaan. Lihat aja gimana mood sangat mempengaruhi performa saya hari itu.

Kayaknya saya harus belajar dari para artis yang bisa tampil ceria di depan kamera, padahal di belakangnya lagi punya masalah segudang. Saya harus melatih diri saya untuk bersikap profesional. Untuk kenal orang dengan berbagai karakter jadi ketika menghadapi mereka saya nggak canggung lagi.

God, I really want to be a good psyhologist.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s