Am I Obsessive Compulsive?

Dari kecil saya dibiasakan untuk hidup rapi. Semua serba sempurna. Nggak ada baju yang lecek, sudut-sudut ruangan yang kotor, atau rumah yang berantakan. Nyokap yang mengutamakan kebersihan, kerapihan, dan kesempurnaan itu sempat bikin saya gregetan, soalnya berkali-kali suka diomelin kalau berantakan di rumah. Trus kalau mau pergi bisa berkali-kali diingetin harus beresin kamar sampai rapi dulu.

Nah, ketika akhirnya saya ngekos sekarang, saya baru sadar bahwa saya ternyata sama seperti nyokap. Saya harus menyapu dan mengepel setiap pulang kuliah, walaupun badan saya lagi capek setengah mati. Tapi memikirkan ada debu dan saya tidur di tengah-tengahnya bikin saya malah ga tenang. Pernah juga, saya setiap hari menggosok lantai kamar mandi sampai ke sudut-sudutnya (padahal saya paling nggak suka kerjaan bersihin kamar mandi) karena saya pengen kamar mandi saya kinclong. Sebelum pergi kuliah, saya juga memastikan semua barang terletak di tempatnya dan jangan sampai ada yang miring. Misalnya saya sudah mengunci pintu kamar dan tiba-tiba teringat ada barang yang belum tergelatak di tempatnya, saya bisa balik lagi dan membuka kamar cuma untuk membetulkannya.

Saya ingat tempat semua barang yang saya taruh. Jadi kalau ada orang yang ngambil atau minjem nggak bilang-bilang, saya pasti tahu. Saya sayang semua barang-barang saya sampai ke hal yang paling remeh sekalipun. Karena saya mau semuanya rapi, jadi saya selalu jagain semua barang-barang saya. Makanya kalau udah capek-capek saya jaga, trus tiba-tiba ada yang minjem nggak bilang atau ada yang ngerusakin barang saya, waaaaah… itu marahnya bisa besar banget. Kalau kata nyokap, sih, kayak ada emas aja yang diambil, padahal misalnya cuma pensil.

Anyway, kelakuan yang kayak gini mungkin bisa digolongkan sebagai obsessive compulsive (nggak mau nyebut sampai disorder karena saya masih ngerem, kok. Hihi). Obsessive compulsive adalah kecemasan yang ciri-cirinya adalah pikiran-pikiran dan perilaku berulang-ulang. Kalau sampai nggak dilakukan maka bisa menyebabkan kecemasan.

Dan pagi ini, ada yang mencabut plastik anti gores handphone saya karena iseng dan itu bikin saya MARAH BESAR karena saya udah jaga baik-baik handphone itu.

AAAARGGGGGH!

Leave a Reply

