Infotainment

Pagi ini saya menonton begitu banyak acara infotainment. Salah satu acara yang saya sukai, walau beberapa teman saya menyebut saya seperti ibu-ibu karena suka acara seperti itu.

Kenapa saya suka acara infotainment?

Karena di acara itulah saya bisa melihat begitu banyak berita selebritis yang wah, luar biasa, dengan segala dramatisasinya, tangisan dan tawa yang asli maupun yang dibuat-buat, dengan kehebohannya, dan kebodohannya. Tentu saja masih ada sisi positif yang bisa saya lihat di infotainment. Semuanya itu membuat saya betah menonton di depan TV sambil menggeleng-geleng kepala, tertawa, kesal, atau malah bosan.

Acara yang kelihatannya remeh dan nggak penting ini, membukakan mata saya untuk melihat dunia nun jauh di sana yang ternyata berbeda jauh dengan dunia saya. Dunia saya tidak heboh, tidak ada polisi yang tiba-tiba mendobrak rumah saya, tidak ada konferensi pers karena saya punya pacar baru, tidak ada dikejar-kejar wartawan karena sedang menyembunyikan sesuatu, tidak menangis meraung-raung untuk mendapatkan simpati publik, tidak ada yang memperhatikan saya sambil berbisik-bisik kalau saya sedang jalan-jalan di mall, tidak ada yang mengejar-ngejar saya untuk berfoto bersama atau sekedar mendapatkan tanda tangan, tidak ada acara ulang tahun yang diliput selusin media, dan banyak โ€™tidak adaโ€™ lainnya di dalam diri saya.

Saya begitu terpana dengan para selebritis itu yang tahan hidupnya disorot 24 jam oleh media. Bahkan kadang-kadang saya berpikir mungkin mereka tidak bisa bernapas tanpa media. Karena walau apa pun yang mereka katakan tentang betapa mereka tidak mempunyai privacy lagi karena infotainment, toh mereka sadar bahwa tanpa kehebohan dari infotainment yang dengan setia mengejar-ngejar mereka, mereka bukan apa-apa dan tidak akan ada yang tertarik melihat mereka.

Semakin heboh beritanya, semakin seorang selebritis membuat skandal yang mengorek-ngorek keburukan mereka, semakin terbuka rahasia-rahasia kelam masa lalu mereka, semakin bekenlah mereka.

Bahkan kalau mereka tidak punya kisah-kisah heboh seperti itu, ya buat sajalah sendiri. Pokoknya bagaimana caranya supaya bisa eksis di TV selama berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, entah karena prestasi atau sekedar kehebohan hidupnya saja. Ada lho selebritis yang tidak pernah saya lihat tampil di sinetron, atau nyanyi, atau jadi model, tapi rajin muncul di infotainment.

Berkali-kali saya menarik napas panjang ketika menonton infotainment. Apa ya nggak malu membeberkan kebohongan mereka di depan publik? Pakai air mata palsu segala, minta dikasihani.

Jaman sekarang tampaknya sangat penting untuk bisa eksis. Kalau perlu seluruh dunia tahu siapa kita. Kayaknya penting banget kalau orang-orang tahu bahwa rambut kita baru dicat, lengan kita baru ditato, tubuh kita jadi lebih langsing, atau payudara kita membesar dan lebih seksi. Semua orang perlu tahu perubahan sekecil apapun yang terjadi dalam diri kita.

Kenapa sih harus begitu? Nggak capek ya minta perhatian orang terus-menerus? Punya rambut baru saja ngundang wartawan, pergi umrah ngajak wartawan, buka puasa bareng anak-anak panti asuhan diliput wartawan. Wartawan jadi salah satu orang yang wajib hadir di setiap peristiwa hidup sang selebritis.

Sebentar-bentar berantem, bikin kasus, eh sebentar kemudian damai. Sebentar lagi putus, nggak lama kemudian punya pacar baru. Eh, mau menikah deh, tapi ternyata sudah hamil di luar nikah. Lalu bikin pernikahan super mewah, ngundang orang-orang top seIndonesia, buat jumpa pers. Senyum sana-sini. Baru beberapa bulan kemudian gugat cerai, berantem soal anak, harta gono-gini, perang mulut di depan TV, lapor polisi, ngerebut simpati dari publik. Begitu seterusnya, seheboh-hebohnya sampai penonton dibuat tidak mau berpindah channel hanya untuk mendengar berita kehehobannya.

Tapi saya sih senang-senang saja, artinya saya masih punya tontonan menarik di rumah. Reality show tanpa script. Lebih baiklah daripada sinetron kita yang benar-benar nggak jelas dan selalu gampang ditebak jalan ceritanya.

Yah, para selebritis, teruskanlah perjuangan kalian untuk sekedar tampil beberapa menit atau bahkan beberapa detik di TV…

Leave a Reply

