Jatuhkan Saja!

Kata Neng Melvi, self-esteem saya gampang banget dijatuhin. Katanya saya gampang jadi korban KDRT (Melviiii, doanya jelek sekali, deh). Tapi dia bener juga. Ini beberapa contohnya:

1. Pas lagi belajar nyetir mobil dan si pelatih bilang: “Coba kamu keluar! Ini lihat hasil parkiran kamu! Bisa jatuh ke lobang bannya!”. Waaah, pas dibentak gitu saya langsung ciut. Langsung mikir nggak berbakat nyetir mobil tampaknya. Ditambah lagi si Mama pernah becanda, “Wah, kalau kamu yang bawa nanti pada masuk rumah sakit”. Becanda sih maksudnya, tapi cukup bikin saya mikir, ooooh saya emang nggak bisa nyetir mobil, deh.

2. Sering sekali merasa nggak enak. Keseringan merasa nggak enak bikin saya gampang banget menerima ajakan orang lain walaupun sebenarnya saya nggak suka. Habis nggak enak, sih… Tuh kan lagi-lagi nggak enak.

3. Self-blaming. Tatap mata saya dan bicara dengan nada serius sambil bilang. “Lo, tuh, jahat banget sama gue, Mi”. Yeah, seketika langsung self-esteem saya jatuh ke titik terendah dan langsung merasa orang paling jahat sedunia, menyalahkan diri sendiri. Dan itu efeknya bisa lama banget, lho.

Kalau kata Neng Melvi, saya itu orangnya sensitif banget. Semua dipikirin. Informasi yang nggak penting, seperti kalimat di atas, itu bisa jadi besar banget buat saya. Bisa merubah segala suasana hati. Dan yah, parahnya lagi, seseorang bilang sama saya hari ini, “Mi, tatapan mata lo tuh kosong. Lo punya masalah?”.

What?!

Dan yang langsung saya pikirkan adalah gimana caranya supaya tampilan luar saya kelihatan bahagia, nggak peduli betapa rapuhnya yang ada di dalam. Saya nggak pengen terlihat sedih, nggak pengen terlihat lemah, nggak pengen terlihat punya masalah. Dan saya tahu keinginan saya ini bikin saya mundur beberapa langkah lagi dari pencapaian yang berhasil saya lakukan.

 Dan sekarang saya sedang berada di titik rendah self-esteem saya. Damn!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s