.Hidup Serba Sehat.

Beberapa hari ini perkuliahan saya tentang terminal illness, seperti ginjal, kanker, HIV AIDS. Pokoknya penyakit mematikan yang belum ada obatnya, deh. Secara saya ini orangnya agak hipokondriasis (term psikologi sebagai gejala-gejala fisik kecil, tapi dianggap sebagai penyakit serius), jadi kuliah-kuliah kayak gini bikin saya rada deg-degan juga. Nanti tiba-tiba saya merasa mengidap salah satu dari penyakit di atas kan berabe. Hari ini aja saya mikir buat sesegera mungkin melakukan vaksinasi serviks sama medical check-up. Tuh, kan, mulai deh ketakutannya.

Nah, kebanyakan dari terminal illness itu gara-gara pola hidup yang nggak sehat, seperti suka makan junk food, minum soda, gula kebanyakan, merokok, jarang olahraga, dsb. Hm, coba saya akan mereview pola hidup saya:

1. Jarang makan sayur: Saya nggak suka sayur. Jaraaaang bangetlah dengan sukarela mengkonsumsi sayur, kecuali emang dari sananya udah ada sayur di makanan saya. Tapi kalau ngambil sendiri, itu mah bukan saya banget.

2. Rajin minum air putih: Di mana pun, kapan pun, saya pasti lebih milih minum air putih. Rasanya bikin segaaar di tenggorokan.

3. Jarang olahraga: entah kenapa, maleeees banget olahraga kalau ga ada temannya. Untuk mengyingkapinya, saya kadang-kadang lebih milih jalan daripada naik kendaraan supaya gerak dikit.

4. Nggak suka soda: walaupun suka banget mandi di air soda di daerah Tarutung sana (hihihihi), tapi saya nggak suka tuh minuman bersoda. Sebisa mungkin menghindarinya. Lagian saya punya maag, jadi nggak bersahabat sama minuman ini.

5. No kafein: nggak suka kopi karena rasanya pahit. Jadi saya akan sangat jarang ditemukan di Starbuck, Coffee Bean, dan coffee shop lainnya. Saya juga nggak suka teh kalau kebanyakan.

6. Suka ngemil: terutama yang berMSG, seperti Ring, Smax, Taro. Yeah, I know. Bisa bikin kita bodoh, kan? Tapi rasanya enak sih. Hihihi.

7. Makan-makanan yang aman: nggak suka tuh makan makanan yang banyak mengandung lemak kenyak-kenyal, makanan yang berkolesterol. Pokoknya yang aman aja, deh. Makan mie instan aja jarang minta ampun.

8. No smoking: nggak suka sama asap rokok. Bikin batuk dan terutama bikin rambut dan badan jadi bau. Buang-buang uang cuma buat datangin penyakit. Pokonya nggak banget, deh.

9. Minum jus tiap hari: thx to my mom yang dengan keukeuhnya memaksa saya minum jus buah tiap hari. Walaupun malas, tapi ternyata berguna juga, ya.

10. Tidur 8 jam sehari: ini nih yang lagi diusahakan banget. Secara saya emang gampang tidur dan menganut tidur 8 jam sehari, makanya saya sampai kos supaya bisa tidur yang cukup.

Kalau dilihat-lihat, ya, saya sebenarnya cukup sehat walau ga suka makan sayur dan olah raga. Oh ya, tapi beberapa hari ini saya olahraga, kok, dengan nyapu, nyuci, Β dan ngepel di tempat kos. Lumayanlah sampai tangan saya pegal-pegal. Hehe. Tapi saya harus belajar lebih sehat lagi, nih. Dan sepertinya ide buat check up perlu dilakukan. Eh, tapi katanya mahal, ya. Aduuuh, kenapa sih kesehatan itu masih mahal?

Hm, ternyata benar kata orangtua, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hayaaaaah, kayak emak-emak deh saya. Hihihihi.

Selamat belajar hidup sehat, ya..H

Leave a Reply

